KOMUNIKASI MATEMATIS PADA QUANTUM TEACHING PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 41 SEMARANG


Novita Asmarani , 4101410086 (2017) KOMUNIKASI MATEMATIS PADA QUANTUM TEACHING PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101410086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (517kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika materi model prisma dan limas adalah siswa cenderung hanya menghafal rumus dan belum bisa menjelaskan konsep secara benar. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan sehingga hasil belajar belum mencapai KKM. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini, diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matemasis siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pendekatan saintifik dapat mencapai ketuntasan belajar dan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dengan pendekatan saintifik lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Proporsi pihak kanan dan uji beda rata - rata. Sebelumnya, data telah dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji ketuntasan menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model Quantum Teaching dengan pendekatan saintifik telah mencapai ketuntasan belajar. Uji perbedaan dua rata – rata menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Quantum Teaching, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 14:30
Last Modified: 28 Dec 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32063

Actions (login required)

View Item View Item