PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE WINNING TRACK GAMES UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN MEMECAHKAN MASALAH IPA PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM


Litasari Aldila Aribowo , 4001413020 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE WINNING TRACK GAMES UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN MEMECAHKAN MASALAH IPA PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001413020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media science winning track games untuk megidentifikasi keterampilan berkomunikasi dan memecahkan masalah IPA. Penelitian menggunakan desain R&D yang terdiri dari sepuluh langkah dalam pelaksanaan. Media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh 2 pakar yaitu pakar media dan materi untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil validasi pakar media dan materi menunjukkan persentase 98,61% dan 100% serta dinyatakan sangat layak digunakan. Langkah selanjutnya diujicoba skala kecil dan skala besar. Pada uji coba skala kecil dilakukan untuk mengetahui keterbacaan soal, sedangkan pada uji coba skala besar untuk mengetahui keefektifan media science winning track games dalam mengidentifikasi keterampilan berkomunikasi dan memecahkan masalah IPA. Hasil rerata angket keterbacaan peserta didik pada uji coba skala kecil 83,65% dan pada skala besar 95,28%. Hasil penilaian observer terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik yang memperoleh rerata skor lebih dari 66,67% semakin meningkat dari pertemuan pertama hingga ketiga, yaitu 25%, 35,11% dan 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media science winning track games efektif digunakan untuk mengidentifikasi keterampilan berkomunikasi peserta didik. Berdasarkan analisis data hasil posttest, pesentase peserta didik yang memperoleh total skor lebih dari 66,67% sebanyak 89,81% peserta didik. ---- The study aims to determine the worthiness and effectiveness of science winning track games media to identify communication skill and science problem solving skill in IPA. This study uses modification research from Borg, Gall and Gall design that consists of ten steps in the implementation. The developing media is validated by the people who experts in media and material for knowing the worthiness of the product. The result of the media validation and material validation expert show the percentage 98,61% and 100% and it is very proper. The next step is tried in small scale and large. On the limited scale trial is done for knowing the legibility and the large scale trial is done for knowing the the effectiveness of media science track winning games in the communication skill and science problems solve skill. The results of the legibility questionnaire average of students in small-scale trials 83.65% and 95.28% on a large scale. Results observer ratings on communication skills of students who obtained a mean score more than 66.67% increase from the first meeting until the third, there are 25%, 35.11% and 100%. Based on observer results, indicating that the science winning track games media effectively used to identify communication skills of students. The posttest results of data analysis, the percentage of students who get the total score of more than 66.67% is 89.81% of students.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Science Winning Track Games, Keterampilan Berkomunikasi, Keterampilan Memecahkan Masalah IPA, Science Winning Track Games, communication skill and problem solving IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2018 15:17
Last Modified: 26 Dec 2018 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32053

Actions (login required)

View Item View Item