MORAL EKONOMI PEDAGANG LANSIA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Perempuan Bakul Keliling di Lingkungan Universitas Negeri Semarang)


Ade Putri Royani , 3401413108 (2017) MORAL EKONOMI PEDAGANG LANSIA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Perempuan Bakul Keliling di Lingkungan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (403kB) | Preview

Abstract

Fenomena hak dan kesejahteraan lansia serta permasalahan mengenai keberadaan lansia yang masih bekerja dapat dijumpai salah satunya pada bakul perempuan lansia di lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang. Di antara permasalahan fisik, ekonomi, dan kesehatan yang harus dihadapi lansia, terdapat bakul perempuan lansia yang berkeliling menjajakan barang dagangan di dalam maupun di luar lingkungan kampus. Permasalahan dalam penelitian ini, adalah a) bagaimana pola kerja bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang?; b) mengapa bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang tetap melakukan aktivitas berdagang?; c) bagaimana moral ekonomi bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian menggunakan 3 orang informan utama, yaitu bakul perempuan lansia di lingkungan Unnes, dan 11 informan pendukung yang terdiri dari keluarga bakul, dan konsumen bakul. Hasil penelitian didapatkan pola kerja bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang mengikuti dinamika kehidupan kampus yang terbagi ke dalam 4 pola, yaitu a) pola kerja berdasarkan waktu berdagang; b) pola kerja berdasarkan komoditas; c) pola kerja berdasarkan cara memperoleh dagangan; d) pola kerja berdasarkan relasi dengan konsumen. Latar belakang bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang melakukan pekerjaan tersebut tidak berorientasi pada ekonomi. Adapun latar belakang para bakul lebih berorientasi pada usaha untuk dapat mandiri, pemenuhan kebutuhan sosial, dan untuk kepuasan psikologis. Bakul perempuan lansia merupakan para lansia produktif yang masih tetap eksis secara sosial dan mandiri secara ekonomi. Terdapat 4 moral ekonomi yang dilakukan oleh para bakul perempuan lansia di lingkungan Universitas Negeri Semarang, yaitu terkait dengan modal dan keuntungan, orientasi pasar, keberanian mengambil resiko, dan konsep “ada uang ada barang”. Saran yang dapat diajukan, yaitu perlu adanya penelitian lanjutan terkait dengan keberadaan lansia produktif yang masih eksis secara sosial dan mandiri secara ekonomi. Mengingat masih minimnya jumlah penelitian yang sejenis. Perlu adanya perhatian dari pemerintah untuk dapat mengembangkan kemandirian para lansia yang masih aktif secara sosial ekonomi, melalui berbagai program pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bakul Keliling, Bakul Perempuan, Lansia, Moral Ekonomi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Cultural Products
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Street Vendors
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2018 18:23
Last Modified: 05 Apr 2019 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32043

Actions (login required)

View Item View Item