PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DIALOG DI LINGKUNGAN KELUARGA BERBASIS UNGGAHUNGGUH UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SEMARANG


Desiyana Rendryasari Nurcahyaningrum , 2601414125 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DIALOG DI LINGKUNGAN KELUARGA BERBASIS UNGGAHUNGGUH UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DIALOG DI LINGKUNGAN KELUARGA BERBASIS UNGGAHUNGGUH UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DIALOG DI LINGKUNGAN KELUARGA BERBASIS UNGGAHUNGGUH UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pada rendahnya keterampilan berbahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh oleh siswa SMP di Kabupaten Semarang. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dialog. Salah satu penyebab yang mendasari permasalahan tersebut yaitu minimnya sumber belajar yang digunakan siswa pada kompetensi dialog. Siswa hanya terpaku pada satu sumber saja yaitu buku teks. Belum ada buku pengayaan yang digunakan siswa dalam pembelajaran tersebut. Padahal, buku pengayaan juga berperan penting sebagai sumber belajar tambahan untuk menunjang bahan ajar yang digunakan. Namun, buku pengayaan berbahasa Jawa khususnya yang berisi dialog di Kabupaten Semarang masih sangat minim. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggahungguh untuk menunjang pembelajaran menelaah dan menulis teks dialog. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan karakteristik kebutuhan guru dan siswa terhadap buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh, (2) membuat prototipe buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh, (3) mendeskripsikan hasil uji validitas buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh, dan (4) menguji keefektifan buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh untuk siswa SMP di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Langkah penelitian yang dilakukan, yaitu: merumuskan potensi dan masalah, mengumpulan data, mengembangkan bentuk desain produk, validasi desain, revisi desain produk, dan uji coba produk. Data penelitian ini berupa data kebutuhan guru dan siswa, validasi ahli, dan uji coba produk. Data tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh yang berjudul “Tepa Palupi”. Buku tersebut berisi kumpulan dialog di lingkungan keluarga dengan menggunakan bahasa Jawa baku dan sesuai dengan unggah-ungguh. Buku tersebut disusun berdasarkan kebutuhan guru dan siswa. Bagian-bagian buku tersebut yaitu pendahuluan, isi, viii dan penyudah. Sesuai dengan hasil uji validasi oleh ahli dan pengguna, buku tersebut mengalami perbaikan pada penerapan bahasa, EYD, tata letak teks dengan ilustrasinya, dan jenis font. Hasil uji coba menunjukkan bahwa buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggah-ungguh ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tes pada kompetensi menelaah teks dialog terjadi peningkatan sebesar 7,4%, sedangkan pada kompetensi menulis teks dialog terjadi peningkatan sebesar 17,2%. Peningkatan hasil belajar tersebut diiringi dengan sikap siswa yang menjadi lebih aktif, antusias, dan sangat tertarik membaca buku pengayaan yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Karena penelitian ini belum sempurna, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menyempurnakan penelitian pengembangan buku pengayaan dialog di lingkungan keluarga berbasis unggahungguh ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, dialog, lingkungan keluarga, unggah-ungguh.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32035

Actions (login required)

View Item View Item