KEEFEKTIFAN TEKNIK 3N (NYEMAK, NGREMBAG, NYERAT) BERBANTUAN MEDIA SIARAN PRO 4 RRI SEMARANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA BAGI KELAS X SMA N 1 BERGAS


Silvia Pramudika Putri, 2601413071 (2017) KEEFEKTIFAN TEKNIK 3N (NYEMAK, NGREMBAG, NYERAT) BERBANTUAN MEDIA SIARAN PRO 4 RRI SEMARANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA BAGI KELAS X SMA N 1 BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN TEKNIK 3N (NYEMAK, NGREMBAG, NYERAT) BERBANTUAN MEDIA SIARAN PRO 4 RRI SEMARANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA BAGI KELAS X SMA N 1 BERGAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN TEKNIK 3N (NYEMAK, NGREMBAG, NYERAT) BERBANTUAN MEDIA SIARAN PRO 4 RRI SEMARANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA BAGI KELAS X SMA N 1 BERGAS) - Published Version
Download (511kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis berita menjadi sebuah pembelajaran yang kompleks dan tidak mudah untuk dikuasai siswa, dikarenakan perlu memperhatikan pemilihan kosakata dengan menerapkan kaidah penulisan bahasa Jawa yang benar. Kenyataannya, dalam pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa guru atau salah satu siswa membacakan teks berita, sedangkan siswa yang lain hanya menyimak pembacaan teks berita oleh guru. Siswa kemudian mengerjakan soalsoal pada Lembar Kerja Siswa (LKS) atau menulis teks berita tanpa memahami isi teks berita. Pembelajaran yang demikian membuat siswa kurang aktif di kelas, dan hasil pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa siswa kurang baik. Oleh karena itu, peneliti menerapkan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang agar dalam pembelajaran siswa lebih aktif dan kemampuan menulis berita berbahasa Jawa siswa lebih baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana keefektifan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang dalam pembelajaran menulis berita kelas X di SMA Negeri 1 Bergas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang dalam pembelajaran menulis berita kelas X di SMA Negeri 1 Bergas. Desain penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Bergas yang berjumlah 381 siswa, setiap kelas terdiri dari 34-36 siswa dari kelas X MIA 1 sampai dengan X MIA 4, X IIS 1 sampai dengan X IIS 6, dan X IBB. Teknik sampling dilakukan dengan uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan nilai murni siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas X IIS 4 (kelas eksperimen) dan 36 siswa dari kelas X IIS 5 (kelas kontrol) yang sebelumnya sudah diuji prasyarat analisisnya (uji homogenitas), untuk mengetahui bahwa kedua kelas tersebut homogen dengan probabilitas ,966 dan signifikasi ,484. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan nontes.Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi tes, observasi, dan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi data kualitatif ix dan kuantitatif, uji prasyarat analisis (uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang pada pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa bagi kelas X SMA N 1 Bergas lebih efektif untuk kompetensi dasar menulis berita berbahasa Jawa, baik dari hasil pembelajaran maupun perilaku siswa. Secara rinci hasil pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 75,28 sedangkan kelas eksperimen adalah 84,50, dengan signifikasi ,000. Hasil uji beda diperoleh thitung = 12,131 dan sig. (2-tailed) sebesar ,000, karena tingkat signifikasi uji beda kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perilaku siswa pada kelas eksperimen lebih aktif dan antusias, sedangkan kelas kontrol cenderung pasif. Pada saat pembelajaran siswa kelas eksperimen berpendapat, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang sangat menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa, siswa merasa terbantu dengan menggunakan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang. Sedangkan siswa kelas kontrol berpendapat, pembelajaran yang dilakukan guru tanpa menggunakan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang yang tidak menerapkan pembelajaran secara bertahap dengan contoh unsur berita kurang menyenangkan dan sulit dipahami. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat disampaikan bahwa guru bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Bergas sebaiknya menggunakan teknik pembelajaran 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat) berbantuan media siaran Pro 4 RRI Semarang untuk pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa yang lebih efektif, sehingga siswa lebih tertarik dan mudah memahami pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik 3N (Nyemak, Ngrembag, Nyerat); media siaran Pro 4 RRI Semarang; menulis berita berbahasa Jawa
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32034

Actions (login required)

View Item View Item