PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA TEKS NARASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IX SMP 2 KUDUS


Tri Kumudaningsih , 2601413050 (2017) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA TEKS NARASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IX SMP 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA TEKS NARASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IX SMP 2 KUDUS]
Preview
PDF (PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA TEKS NARASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IX SMP 2 KUDUS) - Published Version
Download (285kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang wajib ada dan telah dijabarkan secara rinci pada Kurikulum 2013. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu menulis geguritan. Kaitannya dengan pembelajaran menulis geguritan, perlu adanya penggunaan media untuk pembelajaran menulis geguritan agar pembelajaran lebih efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah membandingkan media gambar dan media teks narasi yang digunakan untuk pembelajaran menulis geguritan. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perbedaan pembelajaran menulis geguritan menggunakan media gambar dan media teks narasi untuk siswa kelas IX SMP 2 Kudus ditinjau dari aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Komparatif. Data penelitian ini adalah naskah geguritan siswa yang dikoreksi oleh guru dan sumber data penelitian ini yaitu siswa dan guru. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis dara menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Penelitian ini menghasilkan deskripsi mengenai perbedaan media gambar dan media teks narasi untuk pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IX SMP 2 Kudus dengan observasi, angket, wawancara, dan tes. Ditinjau dari aspek sikap, dengan media gambar dan media teks narasi siswa mendapatkan semangat, motivasi, dan percaya dengan hasil yang baik. Akan tetapi siswa lebih minat dan lebih suka ketika menggunakan media gambar dibandingkan dengan media teks narasi. Ditinjau dari aspek pengetahuan, nilai rata-rata siswa, kesesuaian dengan materi, penggunaan diksi lebih baik ketika menggunakan media gambar daripada media teks narasi. Akan tetapi keruntutan isi dan banyak bait yang dihasilkan lebih baik ketika siswa mempergunakan media teks narasi daripada media gambar. Ditinjau dari aspek keterampilan, waktu yang dipergunakan untuk pembelajaran menulis geguritan menggunakan media gambar lebih efektif daripada ketika pembelajaran menulis geguritan menggunakan media teks narasi. Kerapian tulisan dan diksi atau kata arkais yang dipergunakan juga lebih baik ketika siswa mempergunakan media gambar daripada media teks narasi. Pembelajaran menulis geguritan menggunakan gambar dan media teks narasi memiliki kakuatan sendiri-sendiri, sehingga antara media gambar dan media teks narasi apabila dipergunakan untuk pembelajaran menulis geguritan memiliki banyak perbedaan yang menjadikan media gambar dan media teks narasi efektif. Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang wajib ada dan telah dijabarkan secara rinci pada Kurikulum 2013. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu menulis geguritan. Kaitannya dengan pembelajaran menulis geguritan, perlu adanya penggunaan media untuk pembelajaran menulis geguritan agar pembelajaran lebih efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah membandingkan media gambar dan media teks narasi yang digunakan untuk pembelajaran menulis geguritan. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perbedaan pembelajaran menulis geguritan menggunakan media gambar dan media teks narasi untuk siswa kelas IX SMP 2 Kudus ditinjau dari aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Komparatif. Data penelitian ini adalah naskah geguritan siswa yang dikoreksi oleh guru dan sumber data penelitian ini yaitu siswa dan guru. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis dara menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Penelitian ini menghasilkan deskripsi mengenai perbedaan media gambar dan media teks narasi untuk pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IX SMP 2 Kudus dengan observasi, angket, wawancara, dan tes. Ditinjau dari aspek sikap, dengan media gambar dan media teks narasi siswa mendapatkan semangat, motivasi, dan percaya dengan hasil yang baik. Akan tetapi siswa lebih minat dan lebih suka ketika menggunakan media gambar dibandingkan dengan media teks narasi. Ditinjau dari aspek pengetahuan, nilai rata-rata siswa, kesesuaian dengan materi, penggunaan diksi lebih baik ketika menggunakan media gambar daripada media teks narasi. Akan tetapi keruntutan isi dan banyak bait yang dihasilkan lebih baik ketika siswa mempergunakan media teks narasi daripada media gambar. Ditinjau dari aspek keterampilan, waktu yang dipergunakan untuk pembelajaran menulis geguritan menggunakan media gambar lebih efektif daripada ketika pembelajaran menulis geguritan menggunakan media teks narasi. Kerapian tulisan dan diksi atau kata arkais yang dipergunakan juga lebih baik ketika siswa mempergunakan media gambar daripada media teks narasi. Pembelajaran menulis geguritan menggunakan gambar dan media teks narasi memiliki kakuatan sendiri-sendiri, sehingga antara media gambar dan media teks narasi apabila dipergunakan untuk pembelajaran menulis geguritan memiliki banyak perbedaan yang menjadikan media gambar dan media teks narasi efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, geguritan, media, gambar, teks narasi.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32033

Actions (login required)

View Item View Item