PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DENGAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG KELAS VIII DI KABUPATEN SEMARANG


Angela Kristi Lisa.C , 2601412147 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DENGAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG KELAS VIII DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DENGAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG KELAS VIII DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DENGAN TEKNIK PENGAMATAN LANGSUNG KELAS VIII DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (252kB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum kelas VIII terdapat KD menelaah dan menulis berita. Dalam pembelajaran, proses belajar bergantung dengan buku teks dan LKS, sehingga membuat siswa pasif dan tidak kreatif. Dalam pelajaran berita mereka hanya mengerjakan soal-soal dalam LKS. Sedangkan dalam hal menulis berita siswa sekedar menerjemahkan dari majalah ataupun dengan cara menulis langsung berita tanpa melihat objek. Oleh karena itu penelitian ini akan mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam materi berita dengan teknik pengamatan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa akan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam materi berita dengan teknik pengamatan langsung, (2) mendeskripsikan prototipe pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam materi berita dengan teknik pengamatan langsung, (3) mendeskripsikan uji validasi pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam materi berita dengan teknik pengamatan langsung, (4) mendeskripsikan uji terbatas pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam materi berita dengan teknik pengamatan langsung. Subjek/ desain penelitian dalam penellitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambarawa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik angket, dan teknik wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam pembelajaran teks berita, seperti (1) apersepsi, (2) pembagian kelompok, (3) guru menberi pertanyaan individu kepada siswa tentang seputar materi berita, (4) guru memberi tugas kelompok untuk berdiskusi dari teks berita yang dibagi dalam kelompok untuk menceritakan kembali dengan bahasa sendiri dan membacanya didepan kelas dengan memperhatikan vocal dan ekspresi. Tugas selanjutnya adalah siswa memiliki tugas rumah secara berkelompok untuk mnulis berita dengan mengamati langsung suatu objek. Pertemuan dihari kedua, dalam kelompok siswa menyunting hasil menulis kelompok lain dan setelah itu mempresentasikan. Kelompok yang mendapat nilai tertinggi mendapat penghargaan. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan yaitu untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran yang mampu menggembangkan kreatif, keaktifan, antusia dan prestasi siswa dalam materi berita

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: investigasi kelompok,berita, pengamatan langsung.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32032

Actions (login required)

View Item View Item