PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL GEGURITAN BERTEMA BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN BAGI SISWA SD KELAS IV DI KABUPATEN TEMANGGUNG


Dewi Anggraini Kurnianingsih, 2601412144 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL GEGURITAN BERTEMA BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN BAGI SISWA SD KELAS IV DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL GEGURITAN BERTEMA BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN BAGI SISWA SD KELAS IV DI KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL GEGURITAN BERTEMA BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN BAGI SISWA SD KELAS IV DI KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (261kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran membaca indah geguritan di Sekolah Dasar Kabupaten Temanggung belum dikuasai secara maksimal oleh siswa. Hal ini dikarenakan guru ketika memberikan materi pembelajaran hanya mengandalkan buku paket dan LKS saja, sehingga pembelajarannya kurang menarik minat siswa dalam belajar materi membaca indah geguritan. Selain itu media yang digunakan hanya berupa buku yang berisi teks geguritan saja dan tidak disertai dengan media tambahan, ini yang menjadikan siswa kurang memahami materi dalam proses belajarnya. Penggunaan media yang menarik dan lebih variatif akan mempengaruhi pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar membaca indah geguritan dengan menyediakan media audio visual (VCD) geguritan yang menarik dan dapat memotifasi serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apa sajakah kebutuhan guru dan siswa terhadap media audio visual (VCD)geguritan bertemabudi pekerti dalam pembelajaran membaca indahgeguritan bagi siswa SD kelas IV di Kabupaten Temanggung, (2) bagaimana prototipe media audio visual (VCD) geguritan bertema budi pekerti dalam pembelajaran membaca indah geguritan, dan (3) bagaimana hasil uji coba media pembelajaran membaca indah geguritan bertema budi pekerti. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media audio visual (VCD)geguritan bertemabudi pekerti dalam pembelajaran membaca indahgeguritan bagi siswa SD kelas IV di Kabupaten Temanggung, (2) menyusun prototipe media audio visual (VCD) geguritan bertema budi pekerti dalam pembelajaran membaca indah geguritan, dan (3) mengetahui hasil uji coba media pembelajaran membaca indah geguritan bertema budi pekerti. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitianResearch and Development (R & D). Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data kebutuhan siswa dan guru, (3) desain produk, (4) uji ahli/validasi desain produk, (5) revisi desain produk, dan (6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrument penelitian menggunakan angket kebutuhan siswa dan guru, angket uji ahli media viii dan materi, sertaangket guru sebagai pengguna. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa siswa dan guru membutuhkan media audio visual (VCD) geguritan. Siswa membutuhkan media tersebut untuk memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. Guru membutuhkan media untuk menarik minat siswa. Selain itu, guru membutuhkan media pembelajaran audio visual (VCD) geguritan yang berisikan tiga pembacaan teks geguritan yang benar dan sesuaidengan kurikulum. Tema yang dipakai dalam teks geguritan yaitu bertemabudi pekerti dan cocok untuk pembelajaran anak SD.Bahasa yang digunakan dalam teks geguritannya juga menggunakan bahasa yang sesuai dengan wilayah Kabupaten Temanggung, sehingga siswa mudah memahami isi dari teks geguritantersebut.Media audio visual (VCD) geguritan dibuat menggunakan aplikasi adobe premier yang meliputi empat tahap, yaitu (1) memasukkan video yaitu memasukkan video hasil rekaman pembacaan teks geguritanbertema budi pekerti (2) memasukkan audio yaitu memberikan efek musik yang sesuai dengan geguritan (3) menambah teks yaitu pemberian teks geguritan serta teks pendukung pada video, (4) menghasilkan VCD yaitu hasil dari pengeditan video kemudian dijadikan VCD.Berdasarkan uji ahli materi, penyajian materi pada VCD sudah sangat baik. Selain itu geguritan yang disajikan di dalam VCD mudah dipahami oleh siswa. Hasil uji ahli media, secara umum isi media yang dibuat kualitasnya sudah baik. Validasi pengguna, secara umum media yang dibuat kualitasnya sudah baik dan sesuai dengan kurikulum.Hasil uji coba produk pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (VCD) geguritan dianggap sudah efektif dan menarik minat siswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu (1) media pembelajaran geguritan yang bertemakan budi pekerti dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah pada KD membaca indah geguritan bertema budi pekerti, (2) media pembelajaran geguritan bertema budi pekerti dapat digunakan guru bahasa jawa untuk mengembangkan media lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembanganmedia audio visual, membaca indah, geguritan.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item