PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERAKSARA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMP DI KABUPATEN MAGELANG


Hanif Rahma , 2601412106 (2017) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERAKSARA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMP DI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERAKSARA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMP DI KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERAKSARA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMP DI KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (304kB) | Preview

Abstract

Siswa di beberapa SMP di Kabupaten Magelang masih kesulitan melafalkan aksara Jawa. Meskipun sebagian siswa sudah mampu membaca aksara Jawa, tetapi belum lancar. Proses pembelajaran terbatas menggunakan LKS atau buku paket. Sementara itu, sarana latihan untuk siswa belum tersedia. Buku cerita bisa menjadi salah satu alternatif bagi siswa untuk berlatih membaca aksara Jawa. Buku cerita disajikan dengan tema kearifan lokal Magelang untuk memudahkan siswa memahami bahasa maupun isi cerita. Tujuan penelitian adalah (1) menganalisis kebutuhan siswa dan guru akan buku cerita anak beraksara Jawa bermuatan kearifan lokal, (2) mendeskripsikan prototipe buku cerita anak beraksara Jawa bermuatan kearifan lokal, dan (3) mendeskripsikan hasil uji ahli buku cerita anak beraksara Jawa bermuatan kearifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah guru bahasa Jawa dan siswa kelas VIII di Magelang. Perolehan data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik analisis data meliputi analisis data kebutuhan dan analisis data uji validasi. Hasil analisis data kebutuhan digunakan sebagai dasar penyusunan buku cerita dan hasil analisis data uji validasi digunakan sebagai dasar perbaikan desain awal buku cerita. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa menunjukkan bahwa mereka menginginkan buku cerita beraksara Jawa bermuatan kearifan lokal sebagai sarana penunjang keterampilan membaca. Isi buku terdiri dari enam judul cerita, yaitu Ngicipi Gethuk, Ningali Dayak, Dolan dhateng Candi Pawon, Dolan dhateng Muntilan, Dolanan Egrang, dan Damel Prakaryan. Ukuran buku A5 portrait dan jenis huruf hanacaraka. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 66,2% dan ahli media mendapat skor 73,3% yang berarti bahwa buku cerita layak digunakan sebagai penunjang keterampilan membaca siswa SMP di Kabupaten Magelang. Berdasarkan saran ahli, dilakukan perbaikan produk pada grafika dan penyajian materi. Perbaikan grafika meliputi judul buku, gambar sampul, tipografi, tata letak, dan ilustrasi. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini yaitu perlu dilaksanakan penelitian lanjutan pada tahap uji coba untuk mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran membaca aksara Jawa, dan produk dapat digunakan guru dan siswa sebagai penunjang pembelajaran membaca aksara Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Aksara Jawa, Buku Cerita, Kearifan Lokal.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32029

Actions (login required)

View Item View Item