PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KONTEKS SOSIOKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN GROBOGAN


Evi Tri Ristiyanti , 2601412105 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KONTEKS SOSIOKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KONTEKS SOSIOKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KONTEKS SOSIOKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (466kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran teks dialog bahasa Jawa di SMP Kabupaten Grobogan mengalami beberapa masalah sehingga pembelajaran kurang efektif. Masalah yang ditemukan diantaranya guru belum sepenuhnya menggunakan bahasa Jawa akan tetapi masih menggunakan kata maupun kalimat bahasa Indonesia, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, penggunaan materi ajar teks dialog yang kurang bervariasi, siswa kurang memahami ragam bahasa dalam unggah-ungguh bahasa Jawa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural? (2) bagaimana pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural? (3) bagaimana hasil uji validasi pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural? (4) bagaimana hasil uji coba terbatas pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural pada pembelajaran teks dialog bagi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Grobogan?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural, (2) mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural, (4) mendeskripsikan hasil uji coba terbatas pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D), sumber data dalam penelitian ini adalah tiga guru bahasa Jawa, 89 siswa kelas VIII, dan 2 ahli untuk menilai produk yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Teknik angket terdiri dari tiga jenis yaitu angket kebutuhan, angket tanggapan dan angket uji ahli. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan model pembelajaran menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural. Hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural pada pembelajaran teks dialog bagi siswa kelas VIII SMP yaitu desain model pembelajaran yang berupa buku panduan model pembelajaran. Buku panduan tersebut memuat teori tentang pembelajaran dialog berbasis konteks sosiokultural, teori model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural materi pembelajaran teks dialog, dan perangkat pembelajaran yang berisi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan materi. Hasil pengembangan yang sudah jadi diuji validasi oleh dosen ahli materi dan model pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli, dilakukan perbaikan pada buku panduan sesuai dengan saran yang diberikan. Dalam penelitian ini terdapat uji coba terbatas yang dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Islam Yasna Karangrayung. Hasil uji coba terbatas sebelum menggunakan model nilai rata-ratanya hanya 67,5. Hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural pada pembelajaran teks dialog nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 77,5. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural pada pembelajaran dialog ini dapat digunakan guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, (2) Disarankan untuk melakukan uji coba model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis konteks sosiokultural lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: student team achievement division, konteks sosiokultural, teks dialog
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32028

Actions (login required)

View Item View Item