PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERBASIS BUDAYA DALAM MATERI BERDIALOG SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KENDAL


Lesta Anistisia , 2601412039 (2017) PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERBASIS BUDAYA DALAM MATERI BERDIALOG SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERBASIS BUDAYA DALAM MATERI BERDIALOG SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERBASIS BUDAYA DALAM MATERI BERDIALOG SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berdialog adalah salah satu hal penting yang harus dikuasai siswa. Dialog dalam bahasa Jawa berkaitan erat dengan ungah-ungguh. Adanya unggah-ungguh ini yang membuat para siswa kesulitan dalam berdialog khususnya dalam mata pelajaran bahasa Jawa ragam krama. Menurut hasil wawancara dari dua guru bahasa Jawa SMP di Kabupaten Kendal, salah satu penyebab lemahnyanya keterampilan berbicara siswa karena kebiasaan siswa menggunakan bahasa Jawa ngoko dalam komunikasi sehari-hari. Keberhasilan pembelajaran bahasa Jawa salah satunya tercermin dalam bahasa yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pembelajaran bahasa Jawa khususnya pada materi berdialog. Model kooperatif yang dipadukan dengan teknik bermain peran dengan menggunakan media gambar yang berbasis budaya merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berdialog di samping memperkenalkan kebudayaan setempat. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya? (2) Bagaimana prototipe model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya? (3) Bagaimana hasil uji validasi model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya, (2) mengetahui prototipe model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya, (3) mengetahui hasil uji validasi pengembangan model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pengembangan R & D. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data tentang kebutuhan siswa dan guru terhadap model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya, dan data hasil uji validasi pengembangan model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya. Sumber data yang digunakan yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripstif kualitatif. Hasil dari penelitian ini tercipta model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya siswa SMP yang dibutuhkan guru dan siswa di Kabupaten Kendal. Dibuktikan dengan hasil angket yang diisi oleh 60 responden dari dua sekolah yaitu SMP 01 Sukorejo dan SMP 02 Sukorejo sebanyak 95% siswa menyatakan bahwa diperlukan adanya pengembangan model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya siswa SMP di Kabupaten Kendal. Pengembangan terletak pada model pembelajaran kooperatif jika sebelumnya model kooperatif hanya terdiri dari 6 langkah, pada penelitian ini dikembangkan menjadi 10 langkah. Selain pada langkah-langkah pengembangan model kooperatif juga terdapat dalam materi yang digunakan serta media gambar berbasis budaya yang diharapkan dapat menunjang pembelajaran berdialog. Hasil uji validasi ahli model memberikan penilaian dengan kategori layak dengan rentan nilai 73% namun dengan beberapa perbaikan diantaranya adalah menambahkan teori model pembelajaran sebelum pengembangan. Ahli materi memberikan nilai 75% dengan kategori layak dengan masukan untuk memperbaiki EYD. Saran bagi guru agar dapat menggunakan model kooperatif teknik bermain peran berbantuan media gambar berbasis budaya ini pada pembelajaran bahasa Jawa khususnya materi berdialog. Selain itu, untuk peneliti lain diharapkan mampu melakukan uji coba model yang telah dikembangkan ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif, teknik bermain peran, media gambar, budaya
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32025

Actions (login required)

View Item View Item