KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI CERITA WAYANG KELAS VII SMP N 1 JAKEN KABUPATEN PATI


Yenie Widowati, 2601411140 (2017) KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI CERITA WAYANG KELAS VII SMP N 1 JAKEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI CERITA WAYANG KELAS VII SMP N 1 JAKEN KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI CERITA WAYANG KELAS VII SMP N 1 JAKEN KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (272kB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu pelajaran muatan lokal di Provinsi Jawa Tengah. Mata pelajaran ini wajib diterapkan di seluruh jenjang pendidikan di Provinsi Jawa Tengah.Akan tetapi, mata pelajaran bahasa Jawa kurang diperhatikan oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa lebih mementingkan pelajaran bahasa yang diujikan dalam ujian nasional yaitu bahasa Indonesia dan bahasa asing (Inggris). Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi guru bahasa Jawa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan kenyataan, guru mengalami kesulitan dalam mengajar bahasa Jawa materi cerita wayang. Hal tersebut juga berakibatpada siswa dalam memahami mata pelajaran bahasa Jawa materi cerita wayang. Berdasarkan uraian diatas, pokok permasalah yang diteliti adalah apa saja kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran materi cerita wayang dan apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran materi cerita wayang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa data tentang kesulitan guru dan siswa dalam pembelajaran materi cerita wayang kelas VII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jawa yang mengajar di kelas VII berjumlah 3 guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran materi cerita wayang yaitu (1) kesulitan mencari sumber materi cerita wayang yang digunakan ketika pembelajaran, (2) kesulitan mencari teknik pembelajaran, (3) kesulitan mencari dan membuat media pembelajaran, dan (4) kesulitan melakukan apersepsi. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran materi cerita wayang yaitu (1) kesulitan dalam hal motivasi belajar bahasa Jawa, (2) kesulitan berkonsentrasi memperhatikan penjelasan guru ketika pembelajaran cerita wayang, dan (3) kesulitan memahami bahasa dan isi cerita wayang. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru hendaknya dapat menciptakan proses belajar mengajar yang inovatif dan bervariatif serta menyenangkan supaya siswa tidak merasa bosan dan siswa merasa tertarik untuk pelajaran bahasa Jawa terutama pada materi cerita wayang dan (2) siswa hendaknya meningkatkan belajar bahasa Jawa dan mempelajari kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran materi cerita wayang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, cerita wayang, kesulitan pembelajaran.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32023

Actions (login required)

View Item View Item