VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA DI KABUPATEN PURBALINGGA


Nur Hikmah , 2601411126 (2017) VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA DI KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SMA DI KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (228kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini menitikberatkan pada peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Aspek sikap menjadi kompetensi yang utama pada kurikulum ini. Mata Pelajaran bahasa Jawa adalah mata pelajaran muatan lokal yang wajib diterapkan di satuan pendidikan pada semua jenjang sekolah di Jawa Tengah. Mata pelajaran ini dapat mendukung keberhasilan kurikulum 2013 karena di dalamnya terdapat aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Keberhasilan ini ditentukan oleh guru sebagai motivator belajar, informator, organisator, fasilitator, dan evaluator. Guru harus mempunyai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian untuk mendukung pencapaian keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran salah satunya ditentukan oleh pemilihan dan penggunaan materi, media, metode, dan penilaian. Variasi materi, media, metode, dan penilaian ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyusun dan melaksanakan strategi pembelajaran. Pokok permasalahan yang diteliti adalah bagaimana variasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Jawa SMA di Purbalingga? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan variasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Jawa SMA di Kabupaten Purbalingga. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data penelitian ini berupa RPP, guru bahasa Jawa, dan proses belajar mengajar. Data penelitian ini adalah variasi strategi pembelajaran bahasa Jawa SMA di Purbalingga. Teknik analisis melalui beberapa tahapan yaitu (1) Dokumentasi (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Penyajian Data, dan (5) Penarikan Simpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran oleh guru bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga cukup bervariasi. Variasi materi pembelajaran bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga relatif sama disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan alokasi waktu. Materi yang digunakan pada pembelajaran bahasa Jawa adalah (1) materi fakta, (2) materi konsep, (3) materi prinsip, (4) materi prosedur, dan (5) materi sikap. Penggunaan media dan metode pembelajaran bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga cukup bervariasi sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, alokasi waktu, dan sarana prasarana sekolah. Media yang dipilih pada pembelajaran bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga adalah (1) media cetak, (2) media visual, (3) media audio, (4) media audio visual, dan (5) multimedia. Sedangkan metode yang ix digunakan adalah (1) ceramah, (2) demonstrasi, (3) diskusi kelas, (4) diskusi kelompok kecil, (5) simposium, (6) panel, (7) simulasi, (8) tugas, (9) tanya jawab, (10) kerja kelompok, (11) problem solving, dan (12) latihan. Variasi penilaian pada pembelajaran bahasa Jawa relatif sama. Adapun penilaian yang digunakan adalah (1) tes tertulis, (2) tes lisan, (3) penilaian kinerja, (4) portofolio, (5) proyek, (6) hasil kerja, (7) penilaian diri, (8) penilaian sikap diri sendiri, (9) penilaian sikap antar teman, dan (10) penilaian sikap observasi. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru dapat meningkatkan kemampuan memvariasikan strategi pembelajaran baik dalam pemilihan dan penggunaan materi, media, metode, ataupun penilaian untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kompetensi guru dapat ditingkatkan dengan mengikuti MGMP SMA berkurikulum 2013 atau seminar pendidikan. Selain itu, dinas pendidikan dapat lebih turut aktif dalam pengadaan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32021

Actions (login required)

View Item View Item