PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS BAHASA JAWA BERBASIS CERITA KETHOPRAK UNTUK SISWA SMP DI KECAMATAN PATI
Bangkit Widyatmoko , 2601410009 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS BAHASA JAWA BERBASIS CERITA KETHOPRAK UNTUK SISWA SMP DI KECAMATAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS BAHASA JAWA BERBASIS CERITA KETHOPRAK UNTUK SISWA SMP DI KECAMATAN PATI)
- Published Version
Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari keberadaan bahan ajar berbahasa Jawa yang masih kurang di Kecamatan Pati. Padahal keberadaan bahan ajar sangat penting bagi proses pembelajaran siswa di sekolah. Bahan ajar juga dapat digunakan sebagai sarana penanaman nilai moral dan pendidikan karakter. Cerita kethoprak yang sarat pendidikan karakter dapat dijadikan alternatif untuk pengembangan bahan ajar. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan bahan ajar membaca teks bahasa jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati, bagaimana desain atau prototipe bahan ajar membaca ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati, serta bagaimana validasi prototipe terhadap bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati, menyusun draft prototipe bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati, serta mendeskripsikan hasil validasi prototipe terhadap bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Data dalam penelitian ini adalah kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatan Pati, dan hasil penilaian terhadap prototipe bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di Kecamatn Pati. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara terhadap narasumber di Kecamatan Pati, masyarakat ahli bahasa Jawa, dan dosen ahli pengembangan bahan ajar berbahasa Jawa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (angket kebutuhan dan angket validasi), dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar membaca teks bahasa Jawa berbasis cerita kethoprak untuk siswa SMP di kecamatan Pati sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Bahan ajar tersebut berisi kumpulan cerita kethoprak yang didalamnya terdapat pendidikan karakter, serta dilengkapi dengan gambar ilustrasi pendukung cerita. Setelah bahan ajar disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Kemudian IX dilakukan perbaikan sesuai dengan saran penguji ahli. Perbaikan tersebut diantaranya yaitu: (1) perbaikan judul buku, (2) perbaikan tema, (3) perbaikan aspek kebahasaan, dan (4) perbaikan aspek grafik. Prototipe yang telah direvisi kemudian dijilid dalam bentuk buku berukuran A5. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian yaitu perlu adanya pengembangan bahan ajar berbahasa Jawa yang mengedepankan cerita kethoprak supaya dapat melestarikan salah satu kebudayaan warisan leluhur.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, cerita kethoprak. |
Subjects: | N Fine Arts > NL Theater and Dance |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:21 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32010 |
Actions (login required)
View Item |