MANAJEMEN HASIL RECORDING MUSIC HOUSE DALAM PEMASARAN DI MASYARAKAT
Hanif Iwan Saputra , 2501412148 (2017) MANAJEMEN HASIL RECORDING MUSIC HOUSE DALAM PEMASARAN DI MASYARAKAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MANAJEMEN HASIL RECORDING MUSIC HOUSE DALAM PEMASARAN DI MASYARAKAT)
- Published Version
Download (250kB) | Preview |
Abstract
Usaha recording menjadi elemen bisnis berbentuk jasa yang menjanjikan. Perusahaan recording yang baik tidak sekedar mampu menciptakan tata musik, tetapi juga baik dalam sistem manajemen hasil recording. Music House adalah salah satu perusahaan jasa dibidang musik, antara lain: (1) Music store, (2) Acoustic room, (3) Musical furniture, (4) Video production dan (5) Audio recording. Produk layanan unggulan Music House adalah Audio recording, yang memiliki hasil pengerjaan Audio recording yang baik. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah bagaimana manajemen dalam pemasaran hasil rekaman dan bagaimana sistem kelola dalam pemasaran hasil rekaman. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen Music House dan system kelola pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik penyajiannya dalam bentuk deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah seluruh data yang diperlukan dari manajemen Music House, sedangkan teknik pengumpulan datanya: Observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara langsung, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep manajemen Music House terdiri dari: Manajemen organisasi Music House, Manajemen Usaha Produk Music House dan Manajemen pemasaran. Sistem kelola pemasaran hasil recording Music House meliputi: (a) Perencanaan, seluruh perhitungan matang dari ide berdirinya Music House, (b) Pengorganisasian, langkah Music House dalam menentukan dan menetapkan tujuan dan fungsi struktur organisasi. (c) Penggerakan, adalah upaya memaksimalkan sumber daya manusia demi kualitas Music House. (d) Pengawasan, upaya koreksi untuk mengetahui kekurangan di dalam Music House. (2) Strategi pemasaran, bertujuan mengenalkan Music House sebagai perusahaan rekam, meliputi: (a) Promosi radio, (b) Pemasaran sosial media dan (c) Pemasaran sebagai sponsorship acara. (3) Strategi Music House mempertahankan eksistensi sebagai penyedia layanan jasa recording: (a) Strategi hubungan, (b) Strategi pemberian garansi, (c) Strategi jaminan tanpa syarat, (d) Strategi Penanganan keluhan yang efektif dan (e) Strategi peningkatan kinerja. Faktor-faktor yang mendukung pengelolaan Music House: (1) Kapasitas alat recording, (2) Kerja sama berkelanjutan, (3) General Manager, (4) Potongan Harga Pertama Kali Record, (5) Sistem pembayaran per-lagu, (6) Mixing dan Mastering gratis, (7) Tarif paket recording, (8) Tata tertib Music House, (9) Implikasi Manajerial.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Musik house, recording |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:21 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32005 |
Actions (login required)
View Item |