KEEFEKTIFAN MODEL NHT BERBANTU POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL
Soraya Ulfah , 1401413051 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL NHT BERBANTU POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (681kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang termotivasi saat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran number head together (NHT) berbantu powerpoint dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn. Penerapan model pembelajaran NHT berbantu powerpoint, dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan number head together (NHT) berbantu powerpoint terhadap motivasi dan hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 61 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas empirik dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Independent sampel t-test untuk uji homogenitas, uji Independent sample t-test dan one sample t-test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,118 > 2,001) dan nilai signifikansinya 0,003 < 0,05. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,179 > 2,001) dan nilai signifikansi 0,033 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar PKn materi Globalisasi antara siswa kelas IV yang menerapkan model pembelajaran number head together (NHT) berbantu powerpoint dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test, data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,843 > 1,699). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,055 > 1,699). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran number head together (NHT) berbantu powerpoint lebih efektif dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi siswa kelas IV dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Diharapkan guru dapat menerapkan model Number Head Together Berbantu Powerpoint dalam pembelajaran PKn di SD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunci: hasil belajar; model pembelajaran; motivasi belajar; NHT berbantu powerpoint. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) > Tutoring L Education > L Education (General) > student compliance |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 17:54 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 17:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31995 |
Actions (login required)
View Item |