PERAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KESENIAN METHIK PARI DI DESA JERUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN


Ririn Purwasih , 2501412106 (2017) PERAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KESENIAN METHIK PARI DI DESA JERUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KESENIAN METHIK PARI DI DESA JERUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN]
Preview
PDF (PERAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN KESENIAN METHIK PARI DI DESA JERUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN) - Published Version
Download (287kB) | Preview

Abstract

Kesenian Methik Pari merupakan kesenian tradisional yang penciptaannya dilatarbelakangi oleh adat istiadat masyarakat Desa Jeruk ketika menyambut musim panen. Setiap kesenian tradisional tentunya harus dijaga kelestariannya. Pelestarian terhadap kesenian Methik Pari itu sendiri pada dasarnya bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah namun juga merupakan kewajiban seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat merupakan pelaksana sekaligus pengendali keberlangsungan hidup kesenian Methik Pari. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1). Keberadaan kesenian Methik Pari yang meliputi sejarah diciptakannya kesenian Methik Pari, bentuk pertunjukan dan fungsi pertunjukan kesenian Methik Pari, dan (2). Peran masyarakat dalam pelestarian kesenian Methik Pari di Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sejarah diciptakannya kesenian Methik Pari yaitu dilatarbelakangi oleh adat istiadat masyarakat Desa Jeruk yang mengadakan prosesi upacara Methik Pari di sawah. Melihat antusiasme mayarakat dalam mengikuti prosesi Methik Pari, kemudian pada tahun 2004 sarengat S.Pd menciptakan kesenian Methik Pari sebagai sarana hiburan bagi Masyarakat. Bentuk Pertunjukan kesenian Methik Pari meliputi struktur penyajian dan unsur-unsur pendukung pertunjukan meliputi; gerak, iringan musik, desain lantai, tata rias, tata busana dan properti. Fungsi pertunjukan kesenian Methik Pari adalah fungsi penikmat estetik, hiburan, pendidikan, sarana upacara dan media interaksi sosial. Peran yang dilakukan masyarakat dalam pelestarian kesenian Methik Pari adalah sebagai koordinator, promotor dan fasilitator. Koordinator adalah tindakan mengkoordinasikan kepada berbagai pihak mengenai upaya pelestarian kesenian Methik Pari. Promotor yaitu tindakan mempromosikan kesenian Methik Pari kepada seluruh khalayak agar kesenian Methik Pari dapat diakui keberadaannya. Fasilitator yaitu suatu tindakan memfasilitasi penyelenggaraan kesenian Methik Pari. Saran dari penelitian ini diharapkan agar masyarakat Desa Jeruk dapat menjaga keberadaan kesenian Methik Pari dan berperan serta dalam menjaga pelestarian kesenian Methik Pari dengan cara menampilkan kembali kesenian Methik Pari dengan berpartisipasi dalam kegiatan di desa maupun di Kabupaten Pacitan. Mengajarkan kesenian Methik Pari kepada generasi penerus dan mempromosikan kesenian Methik Pari baik secara langsung maupun lewat media sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Methik Pari, Pelestarian, Peran Masyarakat.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:21
Last Modified: 26 Jun 2019 20:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31991

Actions (login required)

View Item View Item