Evolusi Kepemimpinan di Pondok Pesantren Salafi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Islah Desa Soditan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang)


Muhammad Zuhad Rifqi , 3401413047 (2017) Evolusi Kepemimpinan di Pondok Pesantren Salafi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Islah Desa Soditan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (669kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren diera modern mengalami tantangan dalam mempertahankan eksistensinya. Salah satu pondok pesantren salafi, yaitu Pondok Pesantren Al Islah tetapi mengalami perubahan pada model kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan a) mengetahui model kepemimpinan yang diterapkan di pondok pesantren Al Islah; b) Untuk mengetahui bentuk perubahan model dan faktor apa saja yang mendasari perubahan kepemimpinan yang terjadi di pondok pesantren Al Islah; c) Untuk mengetahui implikasi dari perubahan model kepemimpinan di pondok pesantren Al Islah terhadap eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan 10 informan utama dan informan pendukung sebagai sumber yang diwawancarai. Informan utama terdiri dari 3 orang kiai pengelola Pondok Pesantren Al Islah. Sementara itu, informan pendukung terdiri dari santri pondok pesantren, dan masyarakat sekitar pondok. Hasil penelitian didapatkan model kepemimpinan yang diterapkan di pondok pesantren Al Islah terbagi ke dalam 3masa, yaitu a) masa kepeloporan kiai Masduqi menerapkan kepemimpinan tunggal pada awal berdirinya Pondok Pesantren Al Islah; b) masa kepemimpinan kharismatik digunakan kiai Hakim pada kepemimpinan generasi kedua; c) masa kepemimpinan kolektif menjadi solusi yang dipakai kiai Muhammad Masduqi untuk menghadapi perkembangan zaman. Bentuk perubahan model dan faktor sosial budaya yang mendasari perubahan kepemimpinan dengan memperluas jamaah istighotsah serta merubah sistem kepemimpinan yang dulunya tunggal menjadi kolektif di Pondok Pesantren Al Islah.Implikasi dari perubahan model kepemimpinan dengan memperkuat eksistensi secara internal dan eksternal pondok, memperkuat jaringan sosial sebagai cara untuk menambah interaksi dengan masyarakat, membuka untuk santri bersekolah formal sebagai strategi dalam mengikuti perubahan zaman. Saran yang dapat diajukan, yaitu perlu adanya proses regenerasi pemimpin supaya dipersiapkan secara maksimal guna menghadapi tantangan perkembangan zaman dimasa mendatang. Perlu adanya perhatian dan dukungan dari pemerintah terhadap keberadaan pondok pesantren untuk senantiasa mendidik generasi muda yang berkarakter serta memiliki kualitas kegamaan sesuai dengan harapan masingmasing pondok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evolusi, Evolusi Kepemimpinan, Pondok Pesantren, Salafi,
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 16:46
Last Modified: 20 Dec 2018 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item