PEMAKSIMALAN FUNGSI PENGAWASAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMASANGAN CCTV DI RUANG KELAS (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godong, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan)


Siti Muzaenatun, 3401413042 (2017) PEMAKSIMALAN FUNGSI PENGAWASAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMASANGAN CCTV DI RUANG KELAS (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godong, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (383kB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Godong melakukan perbaikan kualitas sekolah dengan mengutamakan proses belajar yang jujur melalui pemasangan CCTV. CCTV di sekolah dipergunakan sebagai mitra guru untuk memantau dan mengawasi peserta didik. Pekerjaan guru menjadi terbantu dalam hal pengawasan setelah dipasangnya CCTV. Tujuan dalam dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah guru dalam memaksimalkan fungsi pengawasan peserta didik melalui pemasangan CCTV. (2) Untuk mengetahui cara guru dalam mengevaluasi peserta didik melalui tayangan CCTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Godong. informan adalah guru kelas, wali kelas, WAKA kesiswaan, guru BK, dan peserta didik Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua guru memanfaatkan data rekaman CCTV sebagai alat pengawasan dan evaluasi. Dikaji menggunakan teori pilihan rasional Coleman, pilihan guru untuk mengakses atau tidak adalah pilihan rasional. Guru memilih untuk mengakses dengan maksud untuk mengamati segala aktivitas peserta didik agar guru mengetahui karakter peserta didik, penguasaan teknologi yang cukup, mempermudah peran pengawasan, dan keterbatasan waktu untuk menyelami karakter dari peserta didik, sedangkan guru tidak mengakses, karena kurangnya penguasaan teknologi, beban pekerjaan yang banyak, pengawasan secara konvensional dirasa lebih efektif, memiliki kedekatan dengan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah guru dalam memaksimalkan fungsi pengawasan dengan mengubah cara pengawasan, memanfaatkan perkembangan teknologi CCTV, dan memaksimalkan peran guru. Cara guru melakukan evaluasi aktivitas peserta didik dengan cara mengumpulkan data rekaman CCTV sebagai komponen evaluasi dan mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Saran, guru seharusnya memanfaatkan CCTV sebagai wujud dari inovasi dalam dunia pendidikan dengan tidak mengurangi peran pengawasan oleh guru. CCTV bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk mengawasi peserta didik yang harus ditangani secara khusus. Jadi, sekolah tidak dengan mudah mengeluarkan peserta didik yang banyak melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Pengawasan, Peserta Didik, CCTV, Supervision Function, Student, CCTV
Subjects: L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 16:15
Last Modified: 20 Dec 2018 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31983

Actions (login required)

View Item View Item