PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IS DI SMA N 3 KOTA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Zaidan Fahmi , 3401413034 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IS DI SMA N 3 KOTA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media Sparkol Videoscribe terhadap keaktifan peserta didik kelas X dalam pembelajaran Sosiologi oleh guru, tanggapan peserta didik peserta didik Kelas X terhadap pembelajaran Sosiologi oleh guru menggunakan media Sparkol Videoscribe, kendala-kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam menggunakan media Sparkol Videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif melalui media pembelajaran Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IS 1 dan X IS 2 SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, enyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori Konstruktivisme Jean Piaget digunakan untuk menganalisa penelitian ini yang menunjukkan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Sosiologi menggunakan media Sparkol Videoscribe di SMA Negeri 3 Kota Pekalongan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. (2) Dari pelaksanaan pembelajaran memunculkan beberapa tanggapan dari peserta didik yaitu tanggapan positif dan negatif. Tanggapan positif dari peserta didik yaitu menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran dan peserta didik lebih diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasanya. Sedangkan tanggapan negatif dari peserta didik yaitu peserta didik yang kurang siap dalam pembelajaran menggunakan media ini gugup dan tidak berani untuk mengungkapkan gagasanya. (3) Kendala-kendala yang dialami oleh peserta didik dan guru dalam menggunakan media Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Sosiologi adalah Keterbatasan Alokasi waktu pembuatan media pembelajaran dan kesiapan dalam pelaksanaan pembelajaran. Saran yang diajukan antara lain: Bagi guru mempersiapkan alokasi waktu dan IT terkait dengan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sosiologi. Bagi peserta didik diharapkan lebih aktif dalam pembelajaran sehingga nantinya mampu menghadapi masalah kesehariannya dalam masyarakat. -- This study discusses the use of Sparkol Videoscribe media to the activity of class X students in Sociology learning by teachers, students' responses of students of Class X to learning Sociology by teachers using Sparkol Videoscribe media, the constraints faced by teachers and learners in using Sparkol media Videoscribe. This research have goal for better teaching in class with media Sparkool videoscibe. This research uses qualitative approach.. The location of this research is SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Subjects in this study were students of class X IS 1 and X IS 2 SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Data collection techniques used observation, interview, and documentation techniques. Technique examination of data validity using source triangulation technique. Data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The theory used is Jean Piaget's Constructivism to analysis The result from this research indicates that: (1) In the implementation of learning Sociology using Sparkol Videoscribe media in SMA Negeri 3 Kota Pekalongan consists of planning, implementation and evaluation. (2) From the implementation of learning raises some responses from learners that is positive and negative responses. Positive response of learners in learning Sociology using Sparkol Videosccribe media that makes learners active in learning and learners more given the opportunity to deliver the gag. While the negative responses of learners that learners are less ready in learning using this media is nervous and do not dare to reveal the gag. (3) Constraints experienced by learners and teachers in using Sparkol Videoscribe media on the subject of Sociology is Limitations Time allocation of instructional media creation and readiness in the implementation of learning. Suggested suggestions include: For teachers need to develop their competence related to innovative learning media in sociology learning. For learners are expected to be more active in learning so that later able to face daily problems in society

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Penggunaan, Sparkol Videoscribe, Contraints, exertion, Sparkol Videoscribe
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 15:16
Last Modified: 04 Apr 2019 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item