STRATEGI ADAPTASI GURU LINTAS MINAT DALAM MELAKSANAKAN JAM KERJA DI SMA NEGERI 1 BOJA


Putri Ayu , 3401413024 (2017) STRATEGI ADAPTASI GURU LINTAS MINAT DALAM MELAKSANAKAN JAM KERJA DI SMA NEGERI 1 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya guru yang melaksanakan jam kerja sesuai dengan pembagian tugas dari sekolah dalam pemenuhan 24 jam. Sekolah membagi tugas untuk mengajar mata pelajaran lintas minat, adanya lintas minat tersebut menjadikan guru harus mengajar di luar jurusan dan di luar bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan bagaimana cara guru lintas minat dalam melaksanakan jam kerja di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Boja, kabupaten Kendal. Subjek penelitian adalah guru yang mengalami jam kerja, khususnya pada mata pelajaran lintas minat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan Konsep Adaptasi Milik John Bannet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masalah guru lintas minat tidak sebidang terletak pada konsentrasi atau kefokusan siswa di dalam kelas, dalam pengembangan perangkat, kurangnya penguasaan pada materi, menghadapi kurangnya tingkat motivasi kelas. Guru Lintas Minat yang sebidang bermasalah pada karakteristik kelas, kemampuan siswa dalam pengetahuan, dan bahan ajar yang kurang sesuai; (2) Cara penanggulangan dari permasalahan menggunakan teori John Bennet tentang adaptasi. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, berdasarkan hasil secara keseluruhan menggunakan strategi adaptasi siasat yang digunakan untuk menghadapi penolakan, adapun strategi adaptasi perilaku yang digunakan untuk menghadapi perbedaan di lingkungan mata pelajaran lintas minat tersebut, kemudian menggunakan strategi adaptasi proses untuk mencari kesamaan di lingkungan yang baru. Saran yang peneliti rekomendasikan dalam penelitian ini adalah untuk guru-guru lintas minat agar selalu terus berupaya memotivasi siswa-siswi dalam pembelajaran dan diharapkan untuk selalu meningkatkan kefokusan siswa di dalam kelas dengan berbagai metode yang menarik saat pembelajaran berlangsung. -- The study is based on the teacher do working hours to teachers adjusted to the division of tasks in school to fulfillment of 24 hours. Schools are assigning tasks to teach cross curriculum subjects, making teachers to teach another the department and another of field science. This study aims to determine the problems and how the cross curriculum teachers in implementing working hours at school The method used in this research is qualitative research method. Location of research in SMA Negeri 1 Boja, Kendal district. Subject of the study were teachers who experience working hours, especially in cross curriculum. Collecting data techniques are done by observation, interview, and documentation. Data validation used is sources triangulation. Data analysis includes : data collecting, data reduction, data presentation, and conclusion or verification.The study use is John Bennet’s adaptation concept as a theoretical basis. Research results show that: (1) Teachers’ problems in across curriculum for another of field science in the concentration or focus of students in the classroom, in the development of the device, the lack of mastery of the material, faces the lack of class motivation, device development, lack of mastery over the material, facing a lack of class motivation. Teacher in across curriculum another the department are problematic on the characteristics of the class, the students' skills in knowledge, and the less suitable teaching materials; (2) How to overcome the problem using John Bennett's concept of adaptation. To face the problem, based on overall results using a strategy of adaptation of strategies used to deal with rejection, as well as behavioral adaptation strategies used to deal with differences in the cross-interest course environment, then using a process adaptation strategy to seek common ground in a new environment. The suggestions that researchers recommend to this study are for teachers across the interest to always keep trying to motivate students in learning and is expected to always improve the focus of students in the classroom with a variety of interesting methods while learning takes place.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cara penanggulangan Guru, Jam Kerja, Permasalahan Guru
Subjects: L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 14:35
Last Modified: 04 Apr 2019 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31976

Actions (login required)

View Item View Item