PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL DI SMP NEGERI 7 SEMARANG


RISKI WIDYA KUMALA ANDRIANI , 2501412014 (2017) PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL DI SMP NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL DI SMP NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL DI SMP NEGERI 7 SEMARANG) - Published Version
Download (290kB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara perorangan dengan perorang, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok seperti yang terjadi didalam proses pembelajaran di kelas. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana proses pembelajaran seni tari dan bagaimana interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 7 Semarang. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan proses pembelajaran seni tari dan mendeskripsikan pembelajaran seni tari sebagai media interaksi sosial di SMP Negeri 7 Semarang. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran seni tari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu Kontruk, Internal, Eksternal, dan keajegan, serta menggunakan teknik triangulasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari kajian interaksi sosial di SMP Negeri 7 Semarang meliputi guru menyiapkan RPP dan Silabus yang akan digunakan untuk 1 Semester. Pembelajaran seni tari sebagai media interaksi sosial nampak ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Wujud interaksi sosial meliputi kerjasama, kekompakan, akomodasi, persaingan, pertentangan, sopan santun, berkata tidak kasar, saling menghormati, kepedulian, empati, dan suka menolong. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran seni tari kajian interaksi sosial disampaikan pada semester dua dengan memberikan penjelasan mengenai tarian yang menggunakan interaksi sosial, dan bagaimana interaksi sosial itu bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran seni tari, wujud interaksi sosial nampak pada saat kegiatan belajar berlangsung. Saran penulis perlu dipertahankannya pemberian materi yang dapat mendidik interaksi sosial peserta didik sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial dan Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:20
Last Modified: 26 Jun 2019 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31974

Actions (login required)

View Item View Item