DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEJAGAN-BREBES TIMUR PADA ASPEK EKONOMI INDUSTRI RUMAH TANGGA TELUR ASIN (Studi Kasus di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes)


Putri Novitasari , 3401413011 (2017) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEJAGAN-BREBES TIMUR PADA ASPEK EKONOMI INDUSTRI RUMAH TANGGA TELUR ASIN (Studi Kasus di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (373kB) | Preview

Abstract

Desa Pakijangan merupakan salah satu sentra peternakan telur itik dan penghasil telur asin. Hal tersebut menjadikan terbentuknya industri rumah tangga telur asin dan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di desa Pakijangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dampak pembangunan jalan tol Pejagan-Brebes Timur pada aspek ekonomi industri telur asin di Desa Pakijangan, (2) mengetahui strategi ekonomi yang dilakukan untuk mempertahankan industri telur asin di Desa Pakijangan Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Subyek penelitian adalah masyarakat peternak telur itik dan pengrajin telur asin di Desa Pakijangan. Informan dalam penelitian ini yaitu peternak telur itik, pengepul, pengrajin telur asin, pedagang, karyawan toko, pembeli. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Konsep Tindakan Ekonomi, Hambatan pada Tindakan Ekonomi dari Weber, dan Konsep Sistem Tindakan dari Talcott Parsons untuk menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dampak pembangunan jalan tol Pejagan-Brebes Timur pada aspek ekonomi industri telur asin yaitu pendapatan menurun, harga jual telur itik menurun, jumlah permintaan telur asin menurun, dan penurunan kualitas telur asin. (2) strategi ekonomi yang dilakukan yaitu, menjual telur itik keluar Desa Pakijangan, mengurangi jumlah karyawan, membuka toko telur asin dekat pintu jalan tol Brebes Timur, memasak telur asin sendiri, menjual telur asin mentah, dan mengoptimalkan penjualan secara online. Saran yang penulis rekomendasikan yaitu bagi peternak, pengrajin dan pedagang lebih mengoptimalkan asosiasi yang sudah ada untuk mengembangkan industri rumah tangga telur asin. Bagi Pemerintah diharapkan lebih mengoptimalkan koperasi yang sudah ada untuk memberikan bantuan modal dan pemasaran telur asin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pembangunan, Industri Rumah Tangga, Aspek Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2018 16:08
Last Modified: 29 Mar 2019 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31960

Actions (login required)

View Item View Item