STRATEGI PEMBELAJARAN POLA RITMIS PADA DRUM BAND LANSIA DI DESA BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA


ABDUR RAHMAN ALBASIR , 2501411047 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN POLA RITMIS PADA DRUM BAND LANSIA DI DESA BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN POLA RITMIS PADA DRUM BAND LANSIA DI DESA BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN POLA RITMIS PADA DRUM BAND LANSIA DI DESA BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (332kB) | Preview

Abstract

Di wilayah kabupaten Jepara pada umumnya kelompok drum band diajarkan pada anak usia sekolah, namun pada drum band yang terdapat di Desa Bandungharjo ini pembelajaran drum band ditujukan pada orang lanjut usia (lansia). Tentunya keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang diterapkan instruktur didalamnya. Pada pembelajaran pola ritmis drum band lansia ini instruktur dapat mengembangkan kreativitas musik para lansia dalam bermain drum band, dan pembelajaran ini sudah dimulai sejak tahun 2007 hingga sekarang. Berdasarkan hal tersebut yang mendorong penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi khusus yang diterapkan oleh instruktur dalam proses pembelajaran pola ritmis drum band lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran dan faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam pembelajaran pola ritmis drum band Lansia di Desa Bandungharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menguraikan mengenai strategi dan faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran pola ritmis pada grup drum band Lansia di Desa Bandungharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan segala keterbatasan fisik dan SDM pemain maupun instruktur, jadi hanya materi pola ritmis sederhana yang diajarkan, dengan menyebut “Nan” untuk memukul instrumen menggunakan tangan kanan, “Ri” menggunakan tangan kiri dan “Bram” kedua tangan memukul bersamaan. Sedangkan strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi pembelajaran ekspositori dengan langkah-langkah persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan, sedangakan strategi yang kedua adalah penguatan (reinforcement) yang diberikan secara verbal dan non-verbal. Dalam pelaksanaannya instruktur mengkombinasikan dengan beberapa metode yaitu metode ceramah, demonstrasi dan driil. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah sebaiknya para pemain dapat datang tepat waktu saat latihan, fokus dan konsentrasi lebih ditingkatkan saat pembelajaran berlangsung dan dapat saling menghargai atas waktu dan tenaga yang telah diberikan agar tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drumband, Lansia
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:20
Last Modified: 26 Jun 2019 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item View Item