MANAJEMEN KELOMPOK KARAWITAN PANGUDI RAOS DI KELURAHAN SIWALAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG


Yusniar Suryandari , 2501411043 (2017) MANAJEMEN KELOMPOK KARAWITAN PANGUDI RAOS DI KELURAHAN SIWALAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN KELOMPOK KARAWITAN PANGUDI RAOS DI KELURAHAN SIWALAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN KELOMPOK KARAWITAN PANGUDI RAOS DI KELURAHAN SIWALAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (215kB) | Preview

Abstract

Karawitan (gamelan Jawa) merupakan salah satu kesenian tradisional bangsa Indonesia yang dewasa ini kurang diminati oleh masyarakat, khususnya generasi muda dan anak-anak. Semarang sebagai kota metropolitan, juga tidak luput dari keadaan tersebut. Terdapat beberapa kelompok karawitan saja yang hidup ditengah-tengah kota ini, salah satunya yakni Pangudi Raos. Kelompok tersebut mulai mengadakan latihan karawitan pada tahun 2008 dan mampu bertahan hidup selama sembilan tahun hingga sekarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kelompok karawitan Pangudi Raos di Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di kesekertariatan kelompok Pangudi Raos Jl. Medoho 1 RT.04, RW.I Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada lokasi penelitian, wawancara bebas terpimpin dengan pengurus dan peserta latihan, serta dokumentasi berupa foto-foto latihan, pementasan, proses wawancara, dan perangkat gamelan yang digunakan dalam proses latihan. Proses analisis data yang dilakukan melalui tahapan pengumpulan data kelompok karawitan Pangudi Raos, reduksi data atau pembuangan data yang tidak berhubungan dengan masalah penelitian, penyajian data berupa manajemen kelompok karawitan Pangudi Raos, dan penarikan kesimpulan berupa kesesuaian hasil penelitian dengan teori manajemen yang dikemukakan oleh George Terry dalam (Jazzuli, 2000: 35). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kelompok karawitan Pangudi Raos meliputi: 1) Perencanaan yang berisi tujuan, kebijakan, strategi dan progam kerja; 2) Pengorganisasian yang terdiri dari ketua, sekertaris, dan bendahara; 3) Penggerakan berupa pelaksanaan dari perencanaan; 4) Pengawasan oleh manajer Pangudi Raos dan didukung oleh seluruh anggota. Pangudi Raos tidak berorientasi pada komersial. Tujuan utama dibentuknya kelompok ini adalah ingin melestarikan salah satu kebudayaan Jawa, yakni karawitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kelompok karawitan Pangudi Raos sudah cukup baik dan sesuai dengan apa yang ada di dalam teori. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan kelompok ini hingga sekarang. Saran yang diberikan penulis dari hasil penelitian ini adalah agar Pangudi Raos mampu mempromosikan kelompoknya menjadi lebih dikenal dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Karawitan
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:19
Last Modified: 26 Jun 2019 20:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31948

Actions (login required)

View Item View Item