PERAN MGMP SOSIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SOSIOLOGI DI SMA SE-KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Astriyana , 3401412127 (2017) PERAN MGMP SOSIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SOSIOLOGI DI SMA SE-KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Sosiologi yang ada di Kabupaten Kendal merupakan suatu forum kegiatan bagi guru sosiologi yang ada di Kendal untuk berbagi ilmu dan memecahkan masalah yang ditemui saat pembelajaran. Tujuan penelitian: (1) mengetahui pelaksanaan MGMP Sosiologi pada guru mata pelajaran sosiologi di Kabupaten Kendal, (2) mengetahui peran MGMP Sosiologi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran sosiologi di Kabupaten Kendal, (3) mengetahui kendala dari pelaksanaan MGMP Sosiologi pada guru mata pelajaran sosiologi di Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di sekolah SMA/MA baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Kendal. Informan utama adalah pengurus dan anggota MGMP Sosiologi di Kabupaten Kendal, sedangkan informan pendukung siswa SMA kelas XI IIS yang ada di Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Teori yang digunakan yaitu teori peran dari David Berry. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan MGMP Sosiologi di Kabupaten Kendal meliputi kegiatan diskusi permasalahan pembelajaran, penyusunan dan pengembangan silabus, RPP, dan evaluasi hasil belajar, pendalaman materi, pembuatan soal, dan bank soal. (2) Peran MGMP Sosiologi Kabupaten Kendal bagi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi antara lain membantu guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam memahami keragaman peserta didik, merancang dan melaksanakan pembelajaran, menjadi fasilitator dalam mengembangkan potensi peserta didik, menguasai materi sosiologi, dan menguasai penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran sosiologi (3) Kendala yang dialami guru sosiologi pada pelaksanaan MGMP Sosiologi Kabupaten Kendal menyangkut masalah waktu, sistem komunikasi dan koordinasi, dana operasional, pergantian jam kerja, dan kurangnya kesadaran anggota MGMP Sosiologi Kabupaten Kendal. Saran bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal untuk memberikan dana operasional rutin kepada MGMP Sosiologi di Kabupaten Kendal agar kegiatan ix MGMP dapat dilaksanakan secara maksimal. Saran bagi guru sosiologi yang ada di Kabupaten Kendal untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan MGMP. Saran bagi MGMP Sosiologi Kabupaten Kendal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan MGMP Sosiologi di Kabupaten Kendal serta mendistribusikan undangan secara merata kepada seluruh guru sosiologi yang ada di Kendal. Selanjutnya MGMP Sosiologi diharapkan mampu memperbaiki sistem administrasi yang ada terkait dengan dokumen-dokumen tentang keanggotaan dan kegiatan MGMP itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran MGMP, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > Special Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2018 15:49
Last Modified: 05 Apr 2019 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31943

Actions (login required)

View Item View Item