STRATEGI ADAPTASI PETERNAK DI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL YANG MAMBU Studi Kasus pada Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Maju Jaya di Kelurahan Limbangan Wetan Kabupaten Brebes


Intan Kurniasih, 3401412073 (2017) STRATEGI ADAPTASI PETERNAK DI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL YANG MAMBU Studi Kasus pada Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Maju Jaya di Kelurahan Limbangan Wetan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (264kB) | Preview

Abstract

Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Maju Jaya termasuk salah satu kelompok tani itik di Kabupaten Brebes yang berada di Kelurahan Limbangan Wetan. Keberadaannya menimbulkan dampak negatif yaitu situasi lingkungan peternakan menjadi mambu. Mambu berasal dari limbah aktivitas peternakan. Di lingkungan peternakan ada peternak yang bermukim di lingkungan tersebut. Peternak melakukan adaptasi dengan cara melakukan berbagai aktivitas untuk menghadapi mambu, dengan demikian peternak dapat bertahan di lingkungan tempat tinggal tersebut. Penelitian ini memfokuskan tentang: (1) Aktivitas yang dilakukan oleh peternak KTTI Maju Jaya. (2) Adaptasi yang dilakukan peternak di lingkungan tempat tinggal yang mambu. (3) Alasan peternak bertahan di lingkungan tempat tinggal tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Lokasi penelitian di Kelurahan Limbangan Wetan Kabupaten Brebes. Subjek penelitian yaitu warga Limbangan Wetan yang tergabung dalam KTTI Maju Jaya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan pengambilan simpulan. Teori yang digunakan adalah Teori adaptasi dari Bennet. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peternakan itik di Kelurahan Limbangan Wetan dalam perkembangnya menjadi KTTI Maju Jaya. Aktivitasnya memelihara itik, memberi pakan, mengolah kebersihan kandang, menggembala, memisahkan itik yang sakit, dan panen. Antara peternak ada hubungan kerjasama dalam memelihara itik. Perkembangan aktivitas KTTI Maju Jaya menimbulkan persoalan kondisi lingkungan yang mambu. (2) Adaptasi peternak di lingkungan tersebut: membuat tanah kandang yang miring ke sungai, membuat pelataran kandang di atas sungai, mengatur pakan itik, memelihara kebersihan di kandang maju jaya dan di pekarangan rumah, mengatur pekarangan rumah dengan membuat kolam ikan, saluran kotoran itik. Adaptasi lain yaitu menyingkir dari mambu. (3) Alasan peternak bermukim agar lebih intensif dalam memelihara itik, rumah warisan orang tua, mempunyai prinsip hidup mambu tidak menjadi masalah utama, dan ada faktor ekonomi serta kebiasaan. Saran yang diajukan: (1) Bagi peternak lebih intensif dalam membersihkan lingkungan di sekitar kandang. (2) Bagi pengurus mampu menjalankan kegiatan dan kepengurusan dengan baik salah satunya mengenai pencatatan keuangan kelompok. (3) Bagi Pemerintah Daerah mampu memperhatikan dan memberdayakan seluruh KTTI yang ada di Kabupaten Brebes untuk lebih maksimal menjalankan peranannya yang membantu menghidupkan oleh-oleh khas Brebes tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Adaptasi, Peternak, Lingkungan Mambu, KTTI Maju Jaya
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Pollution
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2018 14:48
Last Modified: 05 Apr 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item View Item