PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI VISUAL KOMUNITAS INDONESIA BERKEBUN TENTANG URBAN GARDENING


Herni Nurul Fajri , 2411412061 (2017) PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI VISUAL KOMUNITAS INDONESIA BERKEBUN TENTANG URBAN GARDENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI VISUAL KOMUNITAS INDONESIA BERKEBUN TENTANG URBAN GARDENING]
Preview
PDF (PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI VISUAL KOMUNITAS INDONESIA BERKEBUN TENTANG URBAN GARDENING) - Published Version
Download (310kB) | Preview

Abstract

Urban gardening merupakan kegiatan menanam di area padat penduduk yang ditujukan untuk konsumsi pribadi maupun untuk didistribusikan pada orang-orang yang berada di sekitar area tersebut. Komunitas Indonesia Berkebun bergerak melalui media sosial yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan melalui semangat urban gardening. Adapun target audience media publikasi visual yang dibutuhkan komunitas ini yaitu, anak-anak usia 8- 12 tahun serta dewasa yang terdiri dari penggiat komunitas dan masyarakat luas. Media publikasi yang dipilih adalah handbook dan e-poster. Handbook merupakan buku informatif mengenai urban gardening dengan target audience anakanak usia 8-12 tahun, sedangkan e-poster merupakan perwujudan poster kegiatan digital yang kompatibel terhadap aplikasi Instagram dengan target audience dewasa pengguna gadget. Kedua media publikasi visual tersebut saling mendukung dengan sifatnya yang edukatif dan persuasif mengenai urban gardening yang berkaitan dengan kegiatan komunitas Indonesia Berkebun. Tujuan proyek studi ini adalah menciptakan alternatif media publikasi visual yang dibutuhkan komunitas Indonesia Berkebun mengenai urban gardening, dimana mengenalkan komunitas sekaligus kegiatannya. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas ivory 230 gsm untuk handbook. Sedangkan e-poster berwujud digital dengan memanfaatkan media sosial sebagai penerapannya. Proses berkarya meliputi: (1) Pra Produksi, meliputi pengumpulan data, penetapan tujuan, penentuan konsep, (2) Produksi, meliputi pembuatan sketsa, digitalisasi, layouting, dan cetak (3) Pasca Produksi. Karya yang dihasilkan adalah sebuah handbook #Markibun dengan ukuran 20,5 cm x 19 cm, dan e-poster dengan bentuk persegi. Tone and manner yang diusung dalam karya ini adalah fun dan social media friendly. Karya proyek studi ini sudah menghasilkan sebuah rancangan (dummy) handbook #Markibun yang berisi mengenai informasi terkait urban gardening, serta e-poster berisi promosi kegiatan komunitas Indonesia Berkebun yang akan diselenggarakan. Karya proyek studi ini mendukung pergerakan komunitas Indonesia Berkebun sehingga secara tidak langsung berperan dalam perbaikan lingkungan perkotaan. Selain itu, agar karya ini dapat menjadi motivasi serta inspirasi bagi kreator lain yang mendukung masalah lingkungan perkotaan. Bagi masyarakat, diharapkan dapat memanfaatkan karya ini sehingga dapat diterapkan dan disebarluaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Publikasi Visual, Berkebun, Urban Gardening
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:07
Last Modified: 26 Jun 2019 20:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item