PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH IANATUSSIBYAN MANGKANG KULON TUGU SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009


Alif Zaki Mubarok , 2303405008 (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH IANATUSSIBYAN MANGKANG KULON TUGU SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH  IANATUSSIBYAN MANGKANG KULON TUGU SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH IANATUSSIBYAN MANGKANG KULON TUGU SEMARANG TAHUN AJARAN 2008-2009) - Published Version
Download (882kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa meliputi mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Selama ini, para guru lebih sering memberikan materi pelajaran mengenai kajian tata bahasa saja dibandingkan dengan keterampilan berbicara. Padahal, belajar bahasa Arab dituntut untuk mampu berbicara dengan bahasa Arab. Selama pembelajaran di kelas para guru selalu monoton dan seringkali siswa kurang semangat terutama pelajaran bahasa Arab. Dengan metode bermain atau role playing merupakan pembelajaran yang santai dan menyenangkan. Siswa dihadapkan pada suatu kondisi kelas berbahasa yang komunikatif dengan materi yang kontekstual atau teralami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab melalui metode bermain peran atau role playing dan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa kelas IV MI Ianatussibyan Mangkang Kulon Tugu Semarang tahun ajaran 2008-2009 terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab melalui metode bermain peran atau role playing. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I materi yang diberikan tentang في المدرسة pada pertemuan pertama dan tema في الفصل pada pertemuan kedua dan Pada siklus II materi yang diberikan tentang أصرتيpada pertemuan pertama dan tema كرة القدم pada pertemuan kedua. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Ianatussibyan Mangkang Kulon Tugu Semarang tahun ajaran 2008-2009. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Data mengenai peningkatan keterampilan berbicara diperoleh dengan tes perbuatan. Tes kemampuan berbicara siswa ini meliputi beberapa aspek, yaitu diksi (pilihan kata), ketepatan ujaran, kelancaran, volume dan kejelasan suara, dan sikap tubuh (gerak-gerik dan mimik). Data mengenai respon siswa terhadap model pembelajaran berbicara diperoleh dengan observasi selama pembelajaran dan wawancara yang meliputi respon terhadap pola/ model pembelajaran, materi dan metode guru. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretes, tes pada akhir siklus 1 dan tes pada akhir siklus 2. Teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa melalui metode bermain peran atau role playing sebesar 24,90%. Pada siklus I kemampuan berbicara siswa sebesar 66,94 meningkat menjadi 74,17 (kategori baik) pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara siswa juga terjadi pada semua aspek. Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan langsung selama pembelajaran dan wawancara pada siklus I dan siklus II diketahui bahwa siswa beranggapan bahwa pembelajaran berbicara dengan metode bermain peran atau role playing sangat menarik dan menyenangkan serta berpengaruh terhadap keaktifan, antusiasme, dan kepercayaan diri siswa terutama dalam keterampilan berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, metode bermain peran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2011 05:45
Last Modified: 25 Apr 2015 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item