KREASI ILUSTRASI BUKU CERITA BERGAMBAR DAMARWULAN DENGAN TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA


Yosi Saputra , 2411412044 (2017) KREASI ILUSTRASI BUKU CERITA BERGAMBAR DAMARWULAN DENGAN TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KREASI ILUSTRASI BUKU CERITA BERGAMBAR DAMARWULAN DENGAN TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA]
Preview
PDF (KREASI ILUSTRASI BUKU CERITA BERGAMBAR DAMARWULAN DENGAN TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA) - Published Version
Download (305kB) | Preview

Abstract

Cerita rakyat merupakan warisan budaya daerah yang penting dalam kehidupan bangsa. Seiring dengan perjalanan waktu minat terhadap cerita rakyat itu sendiri perlahan–lahan berkurang karena perkembangan zaman yang penuh dengan teknologi yang serba canggih. Cerita rakyat memiliki banyak nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kisah Damarwulan. Seperti yang diketahui bahwa Damarwulan merupakan satu cerita rakyat tradisional dari Jawa Timur yang sangat populer dikalangan masyarakat. Damarwulan bukan hanya cerita biasa, Damarwulan berisi ajaran bijak Jawa kuna dan menyajikan kebaikan untuk kesadaran manusia akan pentingnya hidup dalam kebajikan di dunia ini. Buku cerita bergambar merupakan salah satu karya seni yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi yang berfungsi sebagai media penyampai pesan moral bagi generasi muda, karena dalam buku cerita bergambar terdapat ilustrasi yang berkaitan dengan cerita yang ingin disampaikan yang disertai dengan narasi mengenai cerita tersebut. Selain sebagai media komunikasi, sebuah buku cerita bergambar juga dapat berfungsi sebagai benda koleksi, karena berisi perpaduan antara teks dan ilustrasi yang dipadupadankan secara baik dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip desain. Memviusalisasikan kisah Damarwulan ke dalam buku cerita bergambar dapat menjadi sarana untuk mengabadikan dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam kisah Damarwulan bagi generasi muda. Tujuan proyek studi ini adalah untuk menghasilkan karya ilustrasi dan rancangan (dummy) buku cerita bergambar kisah Damarwulan. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas ivory 260 gsm untuk cover dan kertas kertas ivory 190 gsm untuk isi buku. Teknik berkarya dilakukan mulai dari pembuatan sketsa layout dan ilustrasi yang akan diterapkan dengan menggunakan pen tablet di photoshop. Kemudian dilakukan proses pewarnaan dengan menggunakan software Adobe Photosop CS6 dan selanjutnya dilayout dan memberikan teks narasi. Kemudain dicetak dan dijilid menjadi sebuah buku cerita bergambar. Proses berkarya meliputi: (1) Pencarian Ide, (2) Penetapan Tujuan, (3) Analisis Khalayak Sasaran, (4) Pra Produksi, meliputi perancangan konten buku cerita bergambar, penggambaran karakter, pembuatan storyboard (5) Produksi, meliputi pembuatan sketsa, proses pewarnaan, layout dan pemberian teks, konsultasi karya, print out dan finishing (6) Pasca Produksi. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsipprinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah sebuah buku cerita bergambar tentang kisah Damarwulan dengan ukuran 22 cm x 29,7 cm, buku terdiri atas 2 halaman cover, 1 halaman pembuka, 1 halaman prolog, 1 halaman profil dan 22 halaman sequence. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan realistis. Karya proyek studi ini sudah menghasilkan sebuah karya ilustrasi dalam bentuk (dummy) buku cerita bergambar Damarwulan Raja Penerus Dinasti Majapahit dan menyampaikan pesan moral yang terdapat dalam kisah Damarwulan bagi generasi muda. Buku cerita ini diharapkan dapat menarik minat genarasi muda untuk mempelajari lebih dalam mengenai kisah Damarwulan. Buku ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dalam bentuk buku cerita dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif serta bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Damarwulan, Ilustrasi, Generasi Muda.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:07
Last Modified: 26 Jun 2019 20:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31927

Actions (login required)

View Item View Item