REPRODUKSI BUDAYA PADA KOMUNITAS DIASPORA JAWA DI DAERAH TRANSMIGRASI (Studi Kasus di Desa BagelenKecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung)


Adelia Dwi Nanda, 3401411088 (2017) REPRODUKSI BUDAYA PADA KOMUNITAS DIASPORA JAWA DI DAERAH TRANSMIGRASI (Studi Kasus di Desa BagelenKecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401411088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Pemindahan penduduk dari Pulau Jawa ke luar Pulau Jawa yang dilakukan oleh pemerintah Belanda pada masa Kolonialisme membawa pengaruh terhadap munculnya keberadaan komunitas diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Meskipun komunitas Jawatelah lama tinggal menetap dan melahirkan keturunannya di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan akan tetapi mereka masih menjadikan budaya Jawa sebagai patokan dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keberadaan komunitas diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan 2) bentuk-bentuk kebudayaan Jawa yang masih dipraktekkan di kalangan diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan 3) bentuk reproduksi budaya pada komunitas diaspora Jawahasil interaksi degan budaya setempat di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan. Lokasi dalam penelitian ini adalah Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Subjek penelitian adalah komunitas diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan. Informan utama dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat Jawa dan keluarga-keluarga Jawa yang tinggal di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan. Informan pendukung dalam penelitian adalah masyarakat setempat dan masyarakat lokal Lampung yang tinggal di Desa Bagelen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian adalah teori reproduksi budaya dan konsep kebudayaan dominan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keberadaan komunitas diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan karena adanya pemindahan penduduk dari Jawa ke Gedong Tataan yang dilakukan oleh kolonisasi Belanda dan kebudayaan Jawa merupakan kebudayaan yang dominan dipakai oleh masyarakat di Desa Bagelen sebagai patokan dalam berprilaku sehari-hari 2) Bentuk-bentuk kebudayaan Jawa yang masih dipraktekkan di kalangan diaspora Jawa adalah bahasa, kesenian dan upacara-upacara adat Jawa 3) bentuk reproduksi budaya hasil interaksi dengan budaya setempat adalah bahasa Jawa berdialek melayu dan pakaian batik Lampung. Saran dalam penelitian ini adalah 1) bagi komunitas diaspora Jawa untuk menghilangkan adanya prasangka terhadap masyarakat lokal Lampung agar tidak terjadi konflik, mengingat masyarakat Jawa tinggal bersama dengan masyarakat Lampung. 2) bagi masyarakat lokal Lampung agar dapat menerima keberadaan komunitas diaspora Jawa di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan karena komunitas Jawa juga ikut membangun Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diaspora Jawa, Reproduksi Budaya, Transmigrasi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community Culture
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2018 14:44
Last Modified: 05 Apr 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31923

Actions (login required)

View Item View Item