PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA KOMUNIKASI GnB BAKERY YOGYAKARTA


Muhasannah Yasmin , 2411411083 (2017) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA KOMUNIKASI GnB BAKERY YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA KOMUNIKASI GnB BAKERY YOGYAKARTA]
Preview
PDF (PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA KOMUNIKASI GnB BAKERY YOGYAKARTA) - Published Version
Download (346kB) | Preview

Abstract

GnB Bakery Yogyakarta merupakan bisnis kuliner rumahan di daerah Yogyakarta yang sudah memiliki banyak pelanggan setia. Konsumen GnB Bakery Yogyakarta didominasi oleh konsumen yang setia dengan kualitas dan mengesampingkan harga jual yang relatif mahal dibandingkan dengan produk bakery sejenis. Kualitas produk GnB Bakery Yogyakarta yang telah melekat di hati para pelanggan hendaknya dapat dikomunikasikan kepada masyarakat sesuai segmentasi pasar. Tujuan proyek studi ini adalah (1) menghasilkan rancangan identitas visual berupa logo dan diaplikasikan ke beberapa media komunikasi sesuai kebutuhan perusahaan, (2) membentuk brand image yang berkarakter sesuai segmentasi pasar, sehingga membuat produk lebih kredibel dan dapat bersaing dalam persaingan pasar produksi serupa, (3) memperkuat brand awareness (kesadaran akan merek) dan brand loyalty (keterikatan konsumen dengan merek) agar lebih dikenal oleh konsumen baru dan memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan (4) menjaga perceived quality (kepercayaan merek akan kualitas) terhadap pelanggan sehingga dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan bertambahnya konsumen baru. Identitas visual berupa logo dan diaplikasikan ke beberapa media disajikan dalam beberapa kategori bentuk, yaitu; kemasan; goodie bag; stationery sets; katalog resep; dan kartu ucapan. Proses perancangan ulang identitas visual melalui beberapa tahapan proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi dan proses pasca produksi. Pemilihan media komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dengan mengusung konsep unik dan modern. Selain itu, tagline produk Symphony of Taste divisualkan menjadi ornamen yang digunakan sebagai unsur visual pada beberapa media komunikasi. Desain corporate identity dan media komunikasi lainnya diimplementasikan dengan bentuk media yang dapat mencerminkan kesan unik serta kesan modern diimplementasikan pada tatanan layout serta pemilihan warna pada proyek perancangan ulang identitas visual. Dengan dirancangnya identitas visual dan aplikasinya pada media komunikasi ini sebagai upaya untuk membangun citra produk agar sesuai dengan segmentasi pasar dan bersaing dengan kompetitornya. Sehingga memberikan nilai tambah dan membuat GnB Bakery Yogyakarta mencapai level yang lebih tinggi, serta memenuhi kebutuhan dan loyalitas pelanggan atau konsumen baru dengan harapan dapat meningkatkan jumlah penjualan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identitas Visual, Media Komunikasi, GnB Bakery Yogyakarta
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:06
Last Modified: 26 Jun 2019 20:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item