PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA TENUN SAMARINDA DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI


Zakiyyah Jadidah Mubarak , 2411411064 (2017) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA TENUN SAMARINDA DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA TENUN SAMARINDA DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI]
Preview
PDF (PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA TENUN SAMARINDA DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI) - Published Version
Download (762kB) | Preview

Abstract

Kampung Wisata Tenun Samarinda merupakan tempat produksi hasil kerajinan dan pembuatan kain tenun satu-satunya di kota Samarinda. Meski memiliki produk unggulan dan satu-satunya tempat produksi hasil kerajinan tenun di Samarinda, sebagian besar masyarakat belum mengetahuinya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya identitas perusahaan (tempat produksi), promosi dan investasi untuk Kampung Wisata Tenun Samarinda. Oleh karena itu perlu pengembangan dan inovasi baru di bidang komunikasi dengan melalui perancangan identitas visual dan aplikasinya pada media promosi. Tujuan Proyek Studi ini adalah menghasilkan rancangan identitas visual dengan mengambil karakteristik bentuk motif hias geometris yang umum digunakan di Kalimantan Timur sebagai konsep dasar penciptaan sebuah logo yang diaplikasikan pada berbagai media promosi. Perancangan proyek studi ini melalui tahap proses berkarya yang meliputi proses preliminary, praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Proyek studi ini menghasilkan rancangan identitas visual berupa logo yang mengambil karakteristik dari bentuk motif hias geometris Kalimantan Timur yang diaplikasikan pada lima jenis media promosi yang dibuat antara lain dari kategori: corporate identity, kemasan sekunder, outdoor media, graphic advertising dan merchandise. Dengan adanya logo diharapkan dapat memperkuat identitas Kampung Wisata Tenun Samarinda yang menarik, berbudaya, dan komunikatif. Dengan adanya identitas visual dan media promosi ini, selain dapat memperkenalkan obyek wisata yang ada di Kalimantan Timur, juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun dan menyampaikan nilai kebudayaan yang terkandung pada motif ragam tenun khas Kalimantan Timur. Selain itu, informasi yang terdapat di dalam media promosi dapat tersampaikan secara tepat guna kepada masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan nilai jual secara signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Identitas Visual, Kampung Tenun Samarinda
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:06
Last Modified: 26 Jun 2019 20:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31921

Actions (login required)

View Item View Item