PENCALONAN PENGUSAHA SEBAGAI CALON BUPATI DALAM PILKADA SERENTAK DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015


Oleh Arif Adiputro, 3312413075 (2017) PENCALONAN PENGUSAHA SEBAGAI CALON BUPATI DALAM PILKADA SERENTAK DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menarik didalami lebih jauh karena belum ada kajian tentang pengusaha-pengusaha yang terjun ke dunia politik di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini nantinya akan mendeskripsikan tentang latar belakang para pengusaha yang ada di Kebumen mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen pada pilkada serentak tahun 2015, selanjutnya penelitian ini juga akan mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi ketiga pengusaha tersebut mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen. Selain itu, penelitian juga mengkaji strategi politik seperti apa yang dilakukan oleh pengusaha tersebut dalam kontestasi pilkada serentak tahun 2015 Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang pengusaha di Kebumen mencalonkan diri sebagai calon Bupati di pilkada serentak pada tahun 2015. Selanjutnya untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengusaha tersebut mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen dan mengetahui Strategi politik politikus yang berasal dari pengusaha yang mencalonkan diri sebagai calon Bupati pada pilkada serentak tahun 2015. Metode yang digunakan peneliti adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metodologi kualitatif yang dimaksud adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengusaha yang mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen bukanlah dari kader masing-masing Partai Politik yang ada di Kabupaten Kebumen. dan proses pencalonan pengusaha pun dilakukan melalui mekanisme yang telah ditentukan oleh masing-masing Partai Politik, Adapun alasan Partai Politik mengusung Pengusaha menjadi calon Bupati Kebumen karena tidak ada kader yang potensial dan tidak memiliki finansial yang cukup, Selain itu yang melatarbelakangi pengusaha mencalonkan diri sebagai calon bupati kebumen karena Kabupaten Kebumen sendiri keadaannya belum maju sehingga mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen, adapun faktor yang memengaruhi dirinya adanya dorongan dari tokoh masyarakat kabupaten kebumen dan Partai Politik. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti memberikan kesimpulan sebagai berikut. Dukungan dari tokoh masyarakat memang menjadi prioritas Dari 3 (Tiga) kandidat calon Bupati Kebumen tersebut sama -sama menyatakan kalau yang memengaruhi untuk mencalonkan diri sebagai Bupati adanya dukungan dari Tokoh Agama, Paguyuban Pengusaha, Partai Politik atau bahkan Pemerintahan Daerah yakni Eksekutf maupun Legislatif, Finansial yang memadai untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati Kebumen rasa– rasanya memang memerlukan biaya yang tidak sedikit walapun didukung oleh para tim pemenangannya akan tetapi masing – masing kandidat sudah pasti mengeluarkan uang untuk masa kampanye pada pilkada serentak. Dan juga vii dari beberapa pengusaha menyakan bahwa ketika mencalonkan diri sebagai Bupati tidak ada kepentingan pribadi melainkan adanya kepentingan untuk membangun Kabupaten Kebumen yang lebih baik Strategi politik yang diterapkan oleh masing – masing calon Bupati Kebumen yaitu menerapkan marketing politik dan masing – masing calon Bupati Kebumen melakukan komunikasi politik dengan partai politik untuk menjadi kendaraan politik di pilkada Kebumen tahun 2015. Mahalnya ongkos Pilkada Serentak Tahun 2015 khususnya Kabupaten Kebumen dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk menjalankan kepengurusan partai, membuat partai tidak bisa menafikan kehadiran pengusaha tersebut. Pada perjalanannya, dunia bisnis membutuhkan kondisi yang dapat menjamin kepentingannya dapat terus berlangsung, pelbagai upayapun terus di lakukan untuk melanggengkan kepentingan tidak dapat terhindarkan lagi kepentingan bisnis tersebut harus mendapat backup yang terbangun dari relasinya dengan dunia politik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencalonan Pengusaha, Bupati Kebumen, Pilkada Serentak 2015
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 14 Dec 2018 14:13
Last Modified: 02 Apr 2019 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31913

Actions (login required)

View Item View Item