PEMIKIRAN POLITIK BUNG HATTA DALAM BUKU TIGA JILID BERJUDUL: UNTUK NEGERIKU SEBUAH OTOBIOGRAFI (STUDI MENGENAI NASIONALISME DAN DEMOKRASI)


Farid Luthfi Assidiqi , 3312413044 (2017) PEMIKIRAN POLITIK BUNG HATTA DALAM BUKU TIGA JILID BERJUDUL: UNTUK NEGERIKU SEBUAH OTOBIOGRAFI (STUDI MENGENAI NASIONALISME DAN DEMOKRASI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312413044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (263kB) | Preview

Abstract

Drs. Mohammad Hatta merupakan salah satu founding fathers bangsa Indonesia, sekaligus pemikir yang menguasai berbagai disiplin ilmu Barat, namun tetap berpegang pada nilai-nilai ke-indonesiaan. Karya-karyanya sangat banyak dan mewakili identitas bangsa indonesia, Bung Hatta pernah mengenyam pendidikan di Belanda namun karena nasionalisme dan pemahamannya tentang Indonesia membuat karyanya sangat layak untuk dikaji secara teoritis. Bung Hatta mencurahkan pemikirannya dengan menulis berbagai buku dan menulis kolomkolom di berbagai surat kabar baik dalam maupun luar negeri. Buku Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi sangat menarik untuk dijadikan sumber dalam mengupas pemikiran politik Bung Hatta dalam kurun waktu 1908-1949, dari peristiwa yang menjadi latar belakang, hingga proses pengembangan dari pemikiran politik tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian penulis adalah: Pertama, mengetahui tema pemikiran Politik Bung Hatta semasa Sekolah. Kedua, mengetahui tema pemikiran politik Bung Hatta semasa Pergerakan Nasional. Ketiga, mengetahui tema pemikiran politik Bung Hatta semasa Revolusi Fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan analisis wacana kualitatif dengan mengidentifikasi pemikiran politik Bung Hatta dalam buku tiga jilid berjudul Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi. Dengan fokus ini, maka penelitian pemikiran politik Bung Hatta akan mengambil intisari dari pemikiran politik Bung Hatta yang terdapat dalam buku Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi. Hasil penelitian dari penulis, Tema Pemikiran politik Bung Hatta pada masa sekolah adalah mulai muncul dan berkembangnya pemikiran Bung Hatta mengenai nasionalisme, ekonomi politik dan sosialisme. Sedangkan tema pemikiran politik Bung Hatta pada masa pergerakan nasional meliputi nasionalisme, ekonomi politik, demokrasi, dan kepemimpinan. Pada masa Revolusi Fisik, tema pemikiran politik Bung Hatta meliputi kepemimpinan, demokrasi, dan ekonomi politik. Berdasarkan tema-tema politik tersebut, tema utama pemikiran politik Bung Hatta adalah mengenai jiwa nasionalisme dan pemikirannya tentang demokrasi. Saran dalam penelitian ini kepada para pemimpin bangsa saat ini adalah supaya melestarikan cita-cita Bung Hatta untuk menciptakan negara Indonesia yang demokratis serta menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Kepada para akademisi, penelitian ini merupakan langkah awal terhadap kajian pemikiran para founding fathers kita. Kepada masyarakat umum, agar perlu mengenal para tokoh pendiri bangsa agar kita tidak kehilangan identitas sebagai bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran, Politik, Bung Hatta, Untuk Negeriku Sebuah Otobiografi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Citizenship
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2018 19:23
Last Modified: 02 Apr 2019 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31905

Actions (login required)

View Item View Item