PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) DI DESA GOGIK KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Prio Tri Isyanto, 3312413032 (2017) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) DI DESA GOGIK KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312413032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (564kB) | Preview

Abstract

Problem pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan BUM Desa harus diatasi.Pihak-pihak yang terkait dalam pemberdayaan harus mampu memberikan daya dan dorongan kepada masyarakat agar mampu meningkatkan keterampilan dan kreativitas masyarakat dalam pengembangan kegiatan ekonomi. BUM Desa merupakan wadah kegiatan ekonomi masyarakat. BUM Desa Gogik harus mampu mandiri sesuai dengan prinsip pengelolaan BUM Desa. BUM Desa Gogik diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Tujuan penelitian ini mengetahui pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pihak-pihak terkait melalui Pengembangan BUM Desa di Desa Gogik. Fokus penelitian ini adalah Pemberdayaanmasyarakat yang dilakukan pihak-pihak terkait melalui Pengembangan BUM Desa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisisdata interaktifyang berlangsung terus menerus sampai tuntas hingga datanya jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pihak-pihak terkaitmelalui Pengembangan BUM Desa. 1) pemberdayaan masyarakat melalui LKD dilakukan dengan pelatihan kewirausahaan dan pemberian modal kepada masyarakat 2) Pemberdayaan masyarakat melalui PAB dilakukan dengan kegiatan Mud Banyu dan kegiatan sosial pemuda RT Desa Gogik 3) pemberdayaan masyarakat melalui Wisata Curug Semirang dilakukan dengan penanaman pohon, kegiatan bersih wisata dan melengkapi sarana dan prasana wisata. Model pemberdayaan belum dapat dilakukan secara maksimal, tahap monitoring dan evaluasi belum dapat dijalankan dengan baik. Pengembangan BUM Desa dilakukan dengan prinsip pengelolaan BUM Desa dengan membangun kerja sama, partisipatif,emansipatif, transparansi, akuntabel, dan sustainabel. Faktor pendukung dan penghambat pemberdaayan masyarakat melalui pengembangan BUM Desa. Faktor pendukung pemberdayaan masyarakat (1) semangat juang yang tinggi oleh pihak-pihak terkait dalam melakukan pemberdayaan, dan (2) kualitas SDM yang memadai. Faktor penghambat pemberdayaan masyarakat (1) kurangnya kesadaran dalam masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan BUM Desa, dan (2) sarana dan prasarana BUM Desa yang kurang memadai. Saran, perlu adanya peningkatan program-program pemberdayaan masyarakat dengan melihat permasalahan dan kebutuhan dalam masyarakat secara mendalam. Mengadakan pendampingan dan evaluasi secara rutin dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan, BUM Desa
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Village Budgets
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2018 19:08
Last Modified: 04 Apr 2019 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item