PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI UMKM SMILE PIZZA DI SEMARANG


Rendy Arkadia , 2411313023 (2017) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI UMKM SMILE PIZZA DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI UMKM SMILE PIZZA DI SEMARANG]
Preview
PDF (PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI UMKM SMILE PIZZA DI SEMARANG) - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

Smile Pizza adalah sebuah usaha rumahan yang menjajakan berbagai varian pizza dan menu pendamping lainnya. Dalam persaingan di dunia bisnis semakin hari semakin ketat, hal tersebut dapat diamati melalui banyaknya usaha baru yang terus bermunculan. Banyaknya pelaku usaha yang berlomba-lomba melakukan berbagai cara agar produknya dikenal masyarakat, membuat pelaku usaha memikirkan strategi kreatif untuk membuat produknya dilirik oleh calon konsumen. Smile Pizza memerlukan strategi yang efektif untuk memperkenalkan produknya pada khalayak. Diperlukan identitas visual yang kuat yang mampu untuk mengkomunikasikan produk Smile Pizza kepada konsumen sekaligus untuk menguatkan merek. Tujuan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan ulang identitas visual dan aplikasinya pada media promosi berupa brosur, packaging, website, flag chain, merchandise, daftar menu, stationary set, dan booth untuk meningkatkan citra UMKM Smile Pizza Semarang. Perancangan ulang identitas visual dan aplikasinya pada media promosi ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary yang meliputi riset, analisis SWOT, penetapan tujuan, strategi perancangan, strategi media. Proses pra produksi meliputi, pencarian referensi logo, penentuan konsep. Produksi meliputi, alternative manual sketch, alternatif vektorisasi logo, final logo, pengaplikasian identitas visual pada media promosi, konsultasi dosbing dan persetujuan klien, final art. Penyajian karya meliputi, pencetakan, pameran. Pada pembuatan identitas visual dilakukan analisis karya untuk menghasilkan rancangan identitas visual yang baik. Analisis karya tersebut meliputi beberapa aspek antara lain, aspek teknis, aspek estetis, dan aspek komunikasi. Dengan dirancang ulangnya identitas visual dan diaplikasikan pada media promosi dalam meningkatkan citra Smile Pizza di mata khalayak luas. Selain itu agar produk yang dihasilkan oleh Smile Pizza memiliki ciri khas tersendiri di mata konsumen dalam menghadapi persaingan dalam dunia usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Ulang Identitas Visual, Media Promosi, Smile Pizza di Semarang.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:05
Last Modified: 26 Jun 2019 20:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31890

Actions (login required)

View Item View Item