ANALISIS KESALAHAN MEMBACA PENJEDAAN KALIMAT DALAM BUKU HANYU YUEDU JIAOCHENG PADA MAHASISWA SEMESTER IV


Lili Nurindah Sari , 2404413023 (2017) ANALISIS KESALAHAN MEMBACA PENJEDAAN KALIMAT DALAM BUKU HANYU YUEDU JIAOCHENG PADA MAHASISWA SEMESTER IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN MEMBACA PENJEDAAN KALIMAT DALAM BUKU HANYU YUEDU JIAOCHENG PADA MAHASISWA SEMESTER IV]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN MEMBACA PENJEDAAN KALIMAT DALAM BUKU HANYU YUEDU JIAOCHENG PADA MAHASISWA SEMESTER IV) - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari bahasa, membaca merupakan salah satu kemampuan yang paling penting, karena membaca merupakan kemampuan yang kompleks. Terutama dalam bahasa Mandarin yang harus memperhatikan pelafalan konsonan, vokal, nada, dan penjedaan. Selain nada, penjedaan juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap makna kalimat. Penjedaan yang salah dapat menyebabkan makna kalimat berubah. Oleh karena itu, mahasiswa masih mengalami kesulitan saat membaca, terutama dalam menjeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesalahan, dimanakah letak ketidaksesuaian penjedaan dan menganalisis faktor penyebab kesalahan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah kesalahan penjedaan yang dilakukan oleh 21 mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode non-tes, yakni dengan teknik dokumentasi rekam. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan saat menjeda. Bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan adalah penjedaan per kata, menjeda dengan tiba-tiba, menjeda di sembarang tempat dan pada kalimat yang memiliki tanda baca untuk menjeda. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya penguasaan kosakata dan sistem kalimat oleh mahasiswa, sehingga masih sering lupa atau bahkan tidak tahu cara baca suatu Hanzi dengan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, membaca, penjedaan kalimat dalam bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:04
Last Modified: 26 Jun 2019 20:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31886

Actions (login required)

View Item View Item