KINERJA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KOTA SALATIGA DALAM PENGEMBANGAN TATA RUANG WILAYAH TAHUN 2016


Akhmad Lutfi Nahar, 3312412067 (2017) KINERJA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KOTA SALATIGA DALAM PENGEMBANGAN TATA RUANG WILAYAH TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312412067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (700kB) | Preview

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Salatiga menghadapi banyak tantangan dari lingkungan. Perubahan-perubahan terjadi begitu cepat dan kadangkadang tidak dapat diduga. Perubahan-perubahan ini antara lain dalam permasalahan lingkungan yang berdampak sampai bidang ekonomi, teknologi, pasar dan persaingan ataupun perubahan nama dan tupoksi dari Dinas Ciptakaru menjadi Dinas PU dan Taru saat ini. Perubahan ini mengharuskan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Salatiga untuk mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan selama ini untuk menghadapi tingkat persaingan yang tinggi dan untuk mencapai sasaran yang diinginkan. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan baru dalam mengevaluasi kinerja karyawan yang dikenal dengan Kinerja. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang sebagai lembaga yang mengatur perkembangan suatu tatanan penduduk. Pembangunan Fasilitas Umum ataupun pemukiman semakin tinggi dari tahun ke tahun diharapkan dapat dipahami oleh masyarakat dari segi fungsi, manfaat, dampak dari pengembangan tata ruang wilayah. Salah satunya dari standarisasi pemerintah pusat terkait Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas PU dan Tata Ruang ini telah memberikan pelayanan baik kepada masyarakat dilihat dari kepuasan masyarakat terhadap adanya Taman Tingkir di Kota Salatiga. Rata-rata rentang kepuasan yang ditunjukkan oleh masyarakat berada di 80,0% dimana rata- rata tersebut masuk dalam kategori “sangat setuju”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa masyarakat banyak yang puas dengan adanya taman kota. Melalui pengukuran kinerja dari hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang ditetapkan agar terlihat sejauhmana pelaksanaan kinerjanya. Masyarakat terlibat dalam pelaksanaan sampai saat ini dan merasa banyak keuntungan dari Taman Kota ini. Tetapi dari hasil yang ada Taman Tingkir masih ada kekurangannya, dari fasilitas umum yang tidak terawat dengan baik menjadikan fasilitas umum seperti: permainan anak-anak, tempat sampah, ubin sudah sebagian rusak. Dan banyak alih fungsi lahan, dari trotoar dan sebagian jalan menjadi pedang kaki lima ini yang menjadikan kekurangan Dinas PU dan Tata Ruang Kota Salatiga dalam pelaksanaan evaluasi. Dari hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa Kinerja Dinas PU dan Tata Ruang masuk dalam kategori bagus, perbandingannya adalah hasil data primer masyarakat berkaitan dengan kepuasan Taman Tingkir dan hasil wawancara dengan Dinas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan Umum, Good Governance
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2018 17:13
Last Modified: 04 Apr 2019 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31873

Actions (login required)

View Item View Item