IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2006 TENTANG PENERTIBAN, PENGATURAN TEMPAT USAHA DAN PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN BOJONEGORO


ABDUL RAHMAD NUR HIDAYAT, 3312412061 (2017) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2006 TENTANG PENERTIBAN, PENGATURAN TEMPAT USAHA DAN PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN BOJONEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (573kB) | Preview

Abstract

Salah satu Peraturan Daerah yang merupakan kebijakan publik yaitu tentang penertiban pedagang kaki lima adalah Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2006 tentang Penertiban, Pengaturan Tempat Usaha dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima. Kondisi yang dilihat di lapangan bahwa implementasi perlu untuk dilakukan dengan tegas oleh implementor, diliat dari keadaan tempat-tempat umum banyak pedagang kaki lima masih berjualan disekitar trotoar jalan, badan jalan, maupun di taman yang melanggar perda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2006 tentang Penertiban Pengaturan Tempat Usaha dan PKL di Kabupaten Bojonegoro dalam perspektif teori implementasi kebijakan publik menurut Ripley dan Franklin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Bojonegoro. Fokus penelitian ini adalah implementasi kebijakan Perda no. 3 Tahun 2006. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian dengan menggunakan langkahlangkah 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2006 tentang Penertiban, Pengaturan Tempat Usaha dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Bojonegoro bahwa implementasi tidak berjalan secara maksimal. Banyaknya PKL yang masih melanggar aturan, kurangnya tindakan nyata dan tegas dari petugas menjadi faktor penting penyebab tidak maksimalnya proses implementasi Perda. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro perlu memberikan pasal-pasal aturan tambahan untuk memperkuat Perda No.3 Tahun 2006 yang membahas tentang Penertiban Pengaturan Tempat Usaha dan Penertiban Pedagang Kaki Lima dan perlu memberikan tindakan yang tegas apabila masih mendapati PKL sudah beberapa kali dikasih peringatan tetapi masih melanggar aturan dan tidak mentaati Perda yang telah dibuat dengan memberikan sanksi dan hukuman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Impelemntasi Kebijakan, Peraturan Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2018 17:00
Last Modified: 02 Apr 2019 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31872

Actions (login required)

View Item View Item