EFEKTIVITAS PERMAIANAN KARTU Hànzi PADA TAHAP APERSEPSI DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMA NUSAPUTERA SEMARANG


Yun Setyorini , 2404412004 (2017) EFEKTIVITAS PERMAIANAN KARTU Hànzi PADA TAHAP APERSEPSI DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMA NUSAPUTERA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PERMAIANAN KARTU Hànzi PADA TAHAP APERSEPSI DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMA NUSAPUTERA SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PERMAIANAN KARTU Hànzi PADA TAHAP APERSEPSI DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMA NUSAPUTERA SEMARANG) - Published Version
Download (381kB) | Preview

Abstract

Apersepsi adalah kondisi alfa siswa sebelum masuk pada kegiatan inti pembelajaran. Pada kondisi alfa siswa dalam keadaan siap menerima instruksi atau materi pelajaran sehingga mudah menyerap materi pelajaran. Apersepsi yang tidak baik pada proses pembelajaran bahasa Mandarin di kelas X SMA Nusaputera Semarang adalah salah satu penyebab kegiatan pembelajaran tidak efektif dan berdampak pada rendahnya penguasaan kosakata. Salah satu bentuk aktivitas yang mampu meningkatkan penguasaan kosakata adalah dengan memberikan ice breaking. Adapun ice breaking yang diberikan berupa permainan tebak kartu Hànzi dan arti. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah apakah permainan ice breaking pada tahap apersepsi efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan ice breaking pada tahap apersepsi dalam peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Nusaputera Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nusaputera Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah keseluruhan 32 siswa, terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji rata-rata pretest-posttest dan uji koefisien korelasi Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, nilai posttest penguasaan kosakata kelas yang diajar dengan ice breaking sebesar 83,9 sedangkan kelas yang tidak diajar dengan ice breaking sebesar 76,81. Hasil statistik penguasaan kosakata bahwa nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kartu hànzi, Kosakata, Apersepsi
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:03
Last Modified: 26 Jun 2019 20:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31859

Actions (login required)

View Item View Item