PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMA NEGERI 1 DEMAK MELALUI PROGRAM TERTIB PARKIR DI SEKOLAH


Fiki Inayati Resti, 3301413115 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMA NEGERI 1 DEMAK MELALUI PROGRAM TERTIB PARKIR DI SEKOLAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (190kB) | Preview

Abstract

Munculnya permasalahan mengenai kondisi lingkungan parkir yang tidak maksimal, sekolah menghimbau untuk membuat suatu program yaitu program tertib parkir di sekolah. Adanya program tertib parkir berawal dari kurangnya lahan parkir yang tidak maksimal sehingga sekolah membatasi siswa yang parkir di area sekolah melalui menunjukkan SIM, memarkir kendaraan secara rapi, dan kelengkapan kendaraan yang lengkap. Sejalan dengan timbulnya permasalahan diatas, sekolah berupaya untuk membentuk siswa lebih mempunyai karakter disiplin dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan program tertib parkir di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi: 1) Pembentukan karakter disiplin siswa SMA Negeri 1 Demak melalui program tertib parkir di sekolah; 2) Pembentukan karakter tanggung jawab siswa SMA Negeri 1 Demak melalui program tertib parkir di sekolah; 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami SMA Negeri 1 Demak dalam pelaksanaan program tertib parkir di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Demak. Subjek penelitian adalah penanggung jawab program, guru/staff tata laksana, pemilik pekarangan parkir warga dan siswa SMA Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara mendalam (Dept Interview), dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter disiplin siswa dilakukan melalui menunjukkan SIM, memarkir kendaraan secara rapi, dan kelengkapan motor. (2) Pembentukan karakter tanggung jawab siswa melalui kepatuhan siswa terhadap aturan parkir dan kepatuhan siswa terhadap sanksi yang diberikan ketika ada siswa yang melanggar. (3) Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah tentang program tertib parkir dan adanya kerja sama dengan warga sekitar tentang pekarangan warga yang menyediakan lahan parkir agar hak dan kewajiban siswa terpenuhi dalam berkendara bagi siswa yang belum mempunyai SIM. Faktor penghambat yaitu orang tua siswa yang merasa keberatan dengan program tertib parkir yang sudah terlaksana jika yang diperbolehkan parkir di sekolah untuk kelas 11 dan 12 saja. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terbentuknya karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tertib parkir memerlukan kerja sama dari sekolah dan lingkungan sekitar atau masyarakat untuk memenuhi hak siswa dalam berkendara ke sekolah. 2) Terbentuknya karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tertib parkir tidak dapat dibentuk tanpa adanya dukungan orang tua. Peran orang tua dalam membentuk dan membangun karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tertib parkir adalah dengan tidak memberikan atau membelikan anak sepeda motor ketika umur/usia anak belum memenuhi kriteria atau aturan yang berlaku, yaitu minimal usia 17 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Tanggung Jawab, Program Tertib Parkir
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 16:41
Last Modified: 02 Apr 2019 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item View Item