PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS MASALAH PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KUDUS


Luthfatun Naila , 3301413109 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS MASALAH PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran PPKn salah satunya adalah terletak pada penggunaan model pembelajaran. Maka diperlukan pembelajaran yang efektif untuk siswa dan guru. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu pilihan model dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Kudus yang digunakan agar siswa secara aktif mampu menyelesaikan masalah terhadap tema/materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn berbasis masalah pada kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran PPKn berbasis masalah pada kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Kudus. Fokus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PPKn berbasis masalah serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran PPKn berbasis masalah. Subjek penelitian adalah guru PPKn dan siswa kelas VIIG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah interaktif model Miles dan Huberman yaitu dimulai dari sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai dilapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran PPKn berbasis masalah pada kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus melalui kegiatan di dalam kelas yang sesuai dengam langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah yang telah dibuat dalam RPP. Proses pelaksanaan pembelajaran PPKn berbasis masalah terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, terlihat ketika kelas mengalami peningkatan hasil belajar. Dalam penilaian pembelajaran PPKn berbasis masalah tidak hanya dengan tes tertulis akan tetapi dilihat dari proses dan hasilnya. (2) faktor penghambat dalam penyusunan RPP dengan model pembelajaran PPKn bebasis masalah dan kurangnya waktu pembelajaran. Faktor pendorong yang mempengaruhi pembelajaran yaitu dorongan keluarga dan motivasi diri sendiri. Saran yang diberikan penulis adalah (1) bagi pihak sekolah perlu melakukan sosialisasi model pembelajaran berbasis masalah agar lebih maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn berbasis masalah serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SMP N 2 Kudus; (2) bagi pihak guru model pembelajaran PPKn berbasis masalah lebih baik diterapkan dalam materi yang siswa mudah memahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, aktif, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 10 Dec 2018 16:08
Last Modified: 04 Apr 2019 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item View Item