PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PERAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI DALAM KELAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG 2016/2017


Yuni Kuntari, 3301413108 (2017) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PERAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI DALAM KELAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (465kB) | Preview

Abstract

Perilaku disiplin merupakan kebiasaan yang sering dilakukan siswa secara berulang kali sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan perilaku indisiplin disebabkan oleh berbagai faktor baik di sekolah maupun di luar sekolah. Teman sebaya dan peran guru merupakan salah satu pengaruh perilaku disiplin siswa di dalam lingkungan sekolah. Masalah yang di teliti dalam penelitian ini yaitu: adakah pengaruh teman sebaya dan peran guru terhadap perilaku disiplin siswa di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang secara parsial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh teman sebaya dan peran guru terhadap perilaku disiplin siswa di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang secara parsial. Populasi yang diteliti pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang sebanyak 287 siswa. Jumlah sampel sebanyak 167 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu teman sebaya, peran guru, dan perilaku disiplin siswa. Pengumpulan data dengan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menujukan bahwa hasil analisis regresi ganda yang di peroleh persamaan yaitu Y = 81,198+0,649X1+0,494X2. Ada pengaruh secara parsial teman sebaya yaitu sebesar 10,56% danada pengaruh secara parsial peran guru yaitu sebesar 8,46%. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh teman sebaya terhadap perilaku disiplin siswa di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang secara parsial. (2) Ada pengaruh peran guru terhadap perilaku disiplin siswa di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang secara parsial. Saran bagi sekolah, seharusnya mampu memberikan wadah untuk para siswa agar dapat membiasakan berdiskusi sehingga siswa bisa saling bertukar pengetahuan terhadap sesama teman, supaya mereka mampu memiliki pengetahuan yang luas dan dapat dilakukan saat jam istirahat sehingga siswa tidak kekurangan informasi dan menjadikan mereka untuk lebih disiplin dalam berperilaku sehari-hari. Bagi guru, seharusnya mampu memberikan contoh teladan yang baik untuk siswanya agar mereka mempunyai motivasi untuk berprilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat ataupun di dalam keluarga..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Peran Guru, dan Perilaku Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 15:57
Last Modified: 08 Apr 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31850

Actions (login required)

View Item View Item