PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAM BOARDING SCHOOL DI SMP IT (ISLAM TERPADU) IHSANUL FIKRI KABUPATEN MAGELANG


Anni Lailatus Sarifah, 3301413081 (2017) PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAM BOARDING SCHOOL DI SMP IT (ISLAM TERPADU) IHSANUL FIKRI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (317kB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai demokrasi belum terlalu berkembang dikalangan peserta didik di SMP IT Ihsanul Fikri. Untuk itu, penanaman nilai demokrasi pada peserta didik di SMP IT Ihsanul Fikri harus dilakukan dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan penanaman nilai demokrasi dalam boarding school di SMP IT Ihsanul fikri; 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Metode penelitan menggunakan penelitian kualitatif. Fokus penelitiannya yaitu pelaksanaan penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan asrama dan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai demokrasi. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai demokrasi ditanamkan dalam kegiatan asrama di SMP IT Ihsanul Fikri antara lain: kerja sama, ketaatan pada aturan, kebebasan pendapat, menghormati keanekaragaman dan kebersamaan. Nilai demokrasi diintegrasikan dalam kegiatan belajar terbimbing/mandiri, kegiatan OSIS, kegiatan news, kegiatan mentoring, kegiatan makan bersama dan kegiatan kebersihan. Pelaksanaan penanaman menggunakan model pembiasaan dan keteladanan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penanaman nilai demokrasi melalui: 1) metode live in; 2) metode keteladanan; 3) metode penjernihan nilai. Faktor pendukung: 1) keteladanan pendidik dan tenaga kependidikan; 2) lingkungan agamis dan budaya demokrasi; 3) kepemimpinan Kepala SMP IT Ihsanul Fikri. Faktor penghambat: 1) kurangnya pengasuh asrama; 2) perbedaan individual peserta didik. Saran dari peneliti yaitu: 1) Sekolah diharapkan melakukan rekruitmen untuk menambah pengasuh asrama agar proses pelaksanaan penanaman nilai karakter menjadi maksimal; 2) sekolah diharapkan mempunyai program khusus terkait penanaman nilai demokrasi; 3) Guru hendaknya menggunakan strategi khusus dalam melakukan pendekatan kepada peserta didik yang memberikan pengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanamn Nilai, Nilai Demokrasi, Boarding School
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 12:27
Last Modified: 04 Apr 2019 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31841

Actions (login required)

View Item View Item