REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN
Dwi Wahyu Aris Setio Anggoro, 3301413079 (2017) REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (474kB) | Preview |
Abstract
Reformasi birokrasi merupakan upaya berkelanjutan yang setiap tahapannya memberikan perubahan atau perbaikan birokrasi ke arah yang lebih baik. Adanya reformasi diharapkan pula dapat diwujudkan pelayanan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat, harapan bangsa Indonesia yang semakin maju dan mampu bersaing dalam dinamika global yang semakin ketat, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi semakin baik, SDM aparatur pemerintahan semakin profesional, serta mind-set dan culture-set yang mencerminkan integritas dan kinerja semakin tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Implementasi Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Adimulyo; (2) Hambatan Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Adimulyo. Fokus penelitian ini yaitu Implementasi Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kantor Kecamatan Adimulyo. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Kecamatan Adimulyo telah melaksanakan reformasi birokrasi pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan. Pada dasarnya diselenggarakannya reformasi birokrasi dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien serta mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Mengingat tujuan tersebut, maka dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan harus benarbenar memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan tersebut dapat dirasakan dari adanya pelayanan yang cepat, aparatnya ramah, tempatnya nyaman serta tidak ada biaya administrasi kependudukan. Hal tersebut tentunya karena pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Adimulyo telah melakukan reformasi birokrasi dengan adanya kepastian hukum, profesionalisme serta rasa tanggungjawab atau akuntabilitas, pengawasan serta pelayanan yang efektif dan efisien. Pelayanan yang diberikan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Pelayanan) yang telah ditentukan. Saran, perlu adanya keikutsertaan masyarakat yang aktif dalam proses penyusunan SOP (Standar Operasional Pelayanan) sehingga masyarakat tahu dan paham. Serta, mengupayakan pengembangan fasilitas sarana dan prasaran yang lebih maju dan modern sehingga pelayanan dapat ditingkatkan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reformasi Birokrasi, Birokrasi, Pelayanan Publik |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service L Education > Special Education > Civic Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 19:04 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 17:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31840 |
Actions (login required)
View Item |