PENDIDIKAN MORAL ANAK MELALUI DONGENG DI KAMPUNG DONGENG POCI TEGAL
Suciania Sari , 3301413063 (2017) PENDIDIKAN MORAL ANAK MELALUI DONGENG DI KAMPUNG DONGENG POCI TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (328kB) | Preview |
Abstract
Moral merupakan suatu aturan yang berhubungan dengan kebaikan dalam tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan oleh manusia, aturan–aturan moral yang ada merupakan hasil kesepakatan yang tercipta dan disetujui oleh anggota masyarakat. Seiring berkembangnya zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, semakin melunturkan nilai–nilai moral bangsa Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi adanya penurunan moralitas masyarakat adalah dengan pendidikan moral. Pendidikan moral memiliki sifat berkesinambungan, oleh sebab itu pendidikan moral harus ditanamkan sejak usia dini baik melalui pendidikan formal, informal, maupun non formal. Media yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendidikan moral anak adalah dongeng. Salah satu komunitas yang menjembatani adanya pelaksanaan pendidikan moral anak melalui media dongeng adalah Kampung Dongeng Poci Tegal. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka permasalahan dan tujuan yang diambil adalah materi dalam pendidikan moral anak melalui dongeng di Kampung Dongeng Poci Tegal, pelaksanaan pendidikan moral anak melalui dongeng di Kampung Dongeng Poci Tegal, serta faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan moral anak melalui dongeng di Kampung Dongeng Poci Tegal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaatif dengan fokus penelitian meliputi nilai–nilai moral yang terkandung dalam dongeng yang digunakan, pelaksanaan dalam pendidikan moral anak melalui dongeng di Kampung Dongeng Poci Tegal, teknik penyampaian dongeng yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan moral anak melalui dongeng serta dukungan dan hambatan dalam pelaksanaan pendidikan moral anak melalui dongeng di Kampung Dongeng Poci Tegal. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data skunder yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data utama menggunakan observasi/pengamatan yang dianalisis melalui teknik triangulasi dengan uji analisis menggunakan model miles and hubberman. Hasil penelitian menunjukkan materi dalam pendidikan moral anak melalui dongeng adalah nilai moral jujur, kebenaran, adil, kasih sayang, empati, dan nilai moral religius yang diwujudkan melalui sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan TME, yang disampaikan melalui dongeng dengan menggunakan teknik SMILE, sebagai teknik penyampaian dongeng melalui pendekatan penanaman nilai, dan pendekatan perkembangan moral. Faktor–faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan pendidikan moral antara lain dukungan dari orangtua dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan moral melalui dongeng di kampung dongeng adalah minimnya sumber daya manusia yang ada di vii komunitas kampung dongeng, banyaknya materi yang kurang baik, dan faktor lingkungan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi adanya hambatan dalam pendidikan moral anak melalui dongeng yaitu dengan mengadakan pelatihan mendongeng yang di tujukan untuk masyarakat umum agar dapat belajar mendongeng sekaligus sebagai sarana untuk menarik perhatian masyarakat untuk ikut bergabung dalam komunitas Kampung Dongeng Poci Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Moral, Anak, Dongeng |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Civic Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 14:32 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31831 |
Actions (login required)
View Item |