PENANAMAN NILAI PEDULI MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 1 KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN


Dewi Sarofah , 3301413054 (2017) PENANAMAN NILAI PEDULI MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 1 KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (426kB) | Preview

Abstract

Peduli merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap orang sebagai mahluk sosial. Bagi peserta didik yang memasuki masa remaja nilai peduli sangat penting guna menyadari bahwa dirinya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan. Kemajuan zaman membawa persoalan sosial semakin kompleks dan rumit, bumi semakin tua dan kebutuhan manusia terhadap alam semakin besar. Maka dari itu, penanaman nilai peduli diperlukan untuk keharmonisan dalam kehidupan. Sekolah merupakan tempat yang strategis dalam menanamkan nilai peduli melalui budaya sekolah dan pembiasaan di ekstrakurikuler seperti kepramukaan sebagai wadah penanaman nilai karakter termasuk nilai peduli yang termuat dalam dasa dharma dan SKU pramuka penggalang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan penanaman nilai peduli melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 1 Klirong, 2) apa saja bentuk kegiatan penanaman nilai peduli melalui kepramukaan di SMP Negeri 1 Klirong serta 3) apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan penanaman nilai peduli melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 1 Klirong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen. Fokus dalam penelitian ini pelaksanaan penanaman nilai peduli yang meliputi proses, metode dan respon dari penanaman nilai peduli, bentuk kegiatan peduli sosial dan lingkungan serta pendorong dan penghambat serta upaya untuk mengatasi hambatan. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penanaman nilai peduli melalui kegiatan kepramukan di SMP Negeri 1 Klirong dilaksanakan dengan metode sosialisasi pengetahuan, pembiasaan, keteladanan, penghargaan, hukuman dan pemberian nasihat melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan rutin, terprogram, dan kegiatan spontan. Bentuk kegiatan penanaman nilai peduli lingkungan berupa kebersihan lingkungan, bakti lingkungan dan pengolahan limbah sedangkan bentuk kegiatan peduli sosial meliputi kas kemanusiaan, bakti sosial, bumbung kemanusiaan. Faktor pendorong terdiri dari minat peserta didik, pembina pramuka, dana dan sarana prasarana, orang tua peserta didik dan masyarakat. sedangkan faktor penghambat minimnya jumlah pembina, peserta kurang aktif, cuaca, pengaruh dari teman sebaya dan penyeragaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Peduli Lingkungan dan Sosial, Kepramukaan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2018 14:22
Last Modified: 04 Apr 2019 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item View Item