PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KADER DESA BRILIAN BANYUMAS


Tri Yuliawan Susanto, 3301413015 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KADER DESA BRILIAN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (379kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman untuk melatih kemandirian masyarakat diperlukan sebagai solusi mengatasi masalah pengangguran, ketanagakerjaan dan kemiskinan di era MEA seperti sekarang ini. PKDB adalah tempat pendidikan yang berupaya mengembangkan karakter mandiri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada peserta didik PKDB, 2) mengetahui faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri di PKDB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada peserta didik di PKDB. Sumber data penelitian diperoleh dari observasi yang didukung oleh hasil dokumentasi dan wawancara dengan pengelola, penanggung jawab, dan peserta didik PKDB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pendidikan karakter mandiri di PKDB dilaksanakan melalui kegiatan spontan, pengabdian masyarakat dan kegiatan rutin seperti; pendidikan agama, pendidikan budi pekerti, pendidikan akademik, pendidikan wirausaha dan koperasi, pendidikan kepemimpinan, serta pendidikan budaya. Strategi pengembangan karakter mandiri dilakukan melalui motivasi, pembiasaan, dan keteladanan. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter mandiri di PKDB yaitu: semangat peserta didik, peran pengelola dan pembimbing, dukungan orang tua peserta didik, dukungan masyarakat dan pemerintah. Faktor kendala dalam pelaksanaan yaitu: sifat bawaan peserta didik, sarana dan prasarana, kegiatan yang monoton, terbatasnya relawan pendidik dan manajemen waktu PKBM yang kurang baik. Saran dari peneliti yaitu: 1) PKDB hendaknya mendatangkan dan mendatangi relawan sebagai pemateri dalam pembelajaran serta mencari relawan pendidik tetap untuk meningkatkan hasil pembelajaran, 2) PKDB hendaknya mengadakan kegiatan pembelajaran di luar, dan membuat kegiatan yang berbeda agar peserta didik tidak bosan dan tetap semangat belajar, 3) hendaknya prestasi yang sudah dicapai PKDB terus dipertahankan dan ditingkatkan agar tidak terhenti hanya pada beberapa generasi, 4) sosialisasi tentang PKDB hendaknya dilakukan dengan memasang banner dan pamflet di tempat-tempat umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Mandiri, Pendidikan Karakter, PKDB
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2018 18:03
Last Modified: 04 Apr 2019 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31813

Actions (login required)

View Item View Item