PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN TEMA RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BERGAS


Anis Pramita, 2401411032 (2017) PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN TEMA RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN TEMA RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BERGAS]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN TEMA RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BERGAS) - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Ornamen atau ragam hias dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ragam hias sebagai tema pembelajaran seni grafis cetak tinggi agar siswa mengenal ragam hias sebagai kebudayaan Indonesia. Penelitian ini mengkaji masalah: (1) Bagaimana pembelajaran pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan tema ragam hias menggunkan bahan alam?,(2) Bagaimana hasil karya ragam hias sebagai tema pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan bahan alam?, (3) Faktor determinan ragam hias sebagai tema pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan bahan alam?. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. Pertama Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan tema ragam hias dengan bahan alam yaitu pada pertemuan pertama, memberi pengetahuan tentang pengertian seni grafis, macam teknik seni grafis, prosedur berkarya seni grafis cetak tinggi, pengertian ragam hias, macam-macam ragam hias. Pertemuan kedua membuat karya seni grafis cetak tinggi mnggunakan bahan alam dengan tema ragam hias. Pertemuan ketiga, penyelesaian berkarya seni grafis cetak tinggi menggunakan bahan alam dengan tema ragam hias (2) Pada karya rancangan menunjukan karya dari 33 siswa dengan kategori baik terdiri 14 siswa, kategori sangat baik terdiri 6 siswa dan kategori cukup terdiri 13 siswa. Secara keseluruhan dilihat dari nilai dan analisis peneliti, sebagian besar siswa mampu berkarya seni grafis cetak tinggi dengan tema ragam hias. Saran yang dikemukakan yaitu pembelajaran seni grafis dapat dibelajarkan dengan menggunakan teknik sederhana dan memanfaatkan media yang mudah didapat. Pembelajaran seni grafis dapat dilakukan tanpa memakan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Grafis, Cetak Tinggi, Ragam Hias.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:52
Last Modified: 26 Jun 2019 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31810

Actions (login required)

View Item View Item